Langsung ke konten utama

Cara Memperbaiki Indikator Bensin di Motor

Bagaimana cara memperbaiki indikator bensin di motor yang rusak? Kerusakan pada indikator bensin ditandai dengan posisi jarum penunjuknya tidak mengarah pada volume bahan bakar yang sebenarnya. Misalnya saat bensin masih ada banyak tetapi jarum sudah menunjuk pada posisi empty. Atau sebaliknya, jarum penunjuk masih mengarah ke posisi full, padahal ternyata volume bensin sudah kosong.

Masalah yang timbul pada indikator bensin sepeda motor bisa disebabkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal berkaitan dengan komponen pelampung sampai indikator itu sendiri. Sedangkan untuk faktor eksternal mencakup komponen-komponen yang berhubungan langsung dengan sistem indikator. Jadi ketika komponen ini bermasalah, maka indikator pun tidak dapat bekerja dengan baik.

cara-memperbaiki-pelampung-bensin.jpg

Ada beberapa komponen yang harus diperiksa untuk memperbaiki kembali fungsi dari indikator bensin ini, di antaranya yaitu :

  1. Aki

Aki yang bermasalah akan mengganggu kinerja sistem indikator bensin. Untuk mengetahui kondisi aki sepeda motor Anda masih layak pakai atau sudah rusak, cobalah trik berikut ini. Anda bisa menekan klakson beberapa kali dan mengamati suaranya. Bila bunyi klakson tersebut masih terdengar nyaring, berarti aki masih bagus. Cobalah pastikan sekali lagi dengan menyalakan mesin memakai starter elektrik. Jika mesin sepeda motor tidak bisa hidup menggunakan starter elektrik, kemungkinan besar akinya telah rusak atau kehilangan daya.

  1. Pelampung

Kondisi pelampung bensin berpengaruh besar terhadap fungsi sistem indikator bahan bakar. Sebab jika bagian ini sampai rusak, tentu sistem tidak akan menerima input data tentang volume bensin. Cara mengeceknya yaitu lepaskan soket pelampung bensin menggunakan obeng plus. Selanjutnya hubungkan kedua kabel yang terbuka/menganga memakai jumper. Apabila setelah Anda menyambung kedua kabel tadi menyebabkan jarum indikator bergerak artinya pelampung tersebut sudah rusak.

Kerusakan pada pelampung biasanya disebabkan oleh tekanan yang timbul saat mengisi bensin mengenai switch sehingga mengakibatkannya renggang. Selain itu, ketidaknormalan fungsi pelampung juga bisa dikarenakan kondisinya kotor. Jika kotor, Anda bisa membersihkan kotoran dan karat menggunakan bensin dengan menggosoknya secara perlahan. Kemudian pasang kembali soket pelampung ini di tempatnya semula. Coba putar kunci kontak motor pada posisi on, lalu perhatikan indikator bensin. Bila bensin di tangki masih banyak, namun indikator tetap menunjuk pada arah empty berarti pelampung tadi memang sudah rusak. Mau tidak mau Anda pun harus menggantinya dengan yang baru.

  1. Spedometer

Percaya atau tidak, kerusakan pada spedometer juga bisa merembet ke bagian indikator bensin. Kerusakan yang masih ringan pada spedometer biasanya bisa diperbaiki dengan cukup mudah. Kami akan menuliskan tutorial perbaikan spedometer ini pada artikel selanjutnya. Tetapi jika kerusakannya sudah cukup parah, Anda tidak bisa memperbaiki spedometer tersebut sehingga wajib menukarnya dengan yang baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s