Langsung ke konten utama

Kenapa Motor Tidak Bisa Distarter?

Apakah penyebab sepeda motor tidak bisa distarter? Kita membutuhkan kendaraan bermotor untuk membantu mobilitas sehari-hari. Dari semua jenis kendaraan yang ada, sepeda motor masih menjadi pilihan yang terbaik. Kenapa? Sebab kendaraan roda dua ini terkenal akan kegesitannya. Kita bisa melewati jalanan dalam kondisi apapun menggunakan sepeda motor.

Sepeda motor pun sangat mudah untuk dikendarai. Anda yang mungkin saat ini belum bisa mengendarai motor, cobalah beranikan diri untuk mempelajarinya. Kami yakin cukup sehari saja Anda sudah bisa menaiki kendaraan yang satu ini. Hal ini tidak terlepas dari gampangnya prosedur yang perlu dilakukan untuk menghidupkan mesin sepeda motor. Anda cukup menekan tombol starter di setang sebelah kanan, maka mesin pun otomatis akan langsung menyala.

Namun kadang-kadang sepeda motor yang usianya sudah tua agak sulit untuk dihidupkan mesinnya memakai starter elektrik. Meskipun Anda sudah menekan tombol starter ini berkali-kali, mesin tetap saja tidak kunjung hidup. Kalau sudah begini, Anda harus menggunakan starter manual/engkol yang cukup merepotkan untuk menyalakan mesin motor tadi. Jika Anda memaksa untuk terus menekan tombol starter tadi, justru sistem kelistrikan motor tersebut bisa rusak.

motor-tidak-bisa-distarter.jpg

Kenapa sih motor tidak bisa dinyalakan menggunakan starter elektrik? Apakah penyebab-penyebab yang sebenarnya?

  1. Aki Sudah Kadaluwarsa

Aki adalah tempat penyimpanan energi listrik. Untuk dapat bekerja, starter elektrik membutuhkan energi listrik yang tersimpan di dalam aki. Bila aki sudah kadaluwarsa, di mana energi listrik di dalamnya sudah habis, starter pun tidak mampu berfungsi. Untuk itulah, Anda sebaiknya menge-charge ulang aki tersebut atau menggantinya dengan yang baru.

  1. Kerusakan Pada Part Starter

Sistem starter elektrik pada sepeda motor terdiri atas serangkaian komponen-komponen elektronik yang saling bekerja sama. Jika ada salah satu komponen yang rusak, maka sistem ini pun tidak mungkin bisa digunakan. Tanda-tanda adanya kerusakan pada bagian ini yaitu starter kadang-kadang bisa dipakai, tetapi di lain waktu sama sekali tak berfungsi.

  1. Busi yang Tidak Normal

Busi memiliki peranan penting untuk mendukung proses menghidupkan mesin sepeda motor. Tugas busi adalah menghantarkan listrik/bunga api yang dihasilkan oleh koil ke ruang bakar. Tetapi kalau busi sudah tidak normal, tidak ada part yang menjalankan tugas tersebut.

  1. Bensin Tidak ke Karburator

Seharusnya bensin langsung naik ke karburator begitu sepeda motor dinyalakan. Namun jika bensin tidak bisa naik, maka mesin pun tidak mungkin bisa hidup. Penyebab-penyebab dari masalah ini antara lain terganggunya selang vakum, selang karburator macet, selang bensin mampat, atau karburator kotor.

  1. Air Masuk Sistem Pembakaran

Sistem pembakaran pada motor tidak mungkin bisa berlangsung apabila motor tersebut kemasukan air. Biasanya air ini masuk melalui tangki bensin, karburator, atau knalpot. Kejadian ini biasa disebut sebagai water hammer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...