Langsung ke konten utama

Inilah Penyebab Aki Sepeda Motor Cepat Rusak

Apakah penyebab aki sepeda motor cepat rusak? Fungsi utama aki pada kendaraan roda dua adalah menyimpan energi listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan elektrik starter, lampu, klakson, dan lain-lain. Mengingat kegunaannya yang penting tersebut, aki harus dirawat dengan baik supaya tidak cepat turun daya. Aki yang tekor akan mengakibatkan sistem kelistrikan sepeda motor tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
Tapi, tahukah anda apa saja hal-hal yang bisa merusak aki sepeda motor?
1. Pemasangan Klakson yang Sembarangan
Penyebab pertama terjadinya kerusakan pada aki adalah pemasangan klakson yang dilakukan secara asal-asalan. Dengan maksud untuk menyaringkan bunyinya, spesifikasi klakson yang digunakan tidak sesuai dengan tenaga yang dimiliki aki. Tentu saja, modifikasi seperti ini tidak dianjurkan karena piranti tersebut akan menguras habis energi yang tersimpan di aki dengan cepat.

2. Memasang Lampu Berjenis HID
Perlu diketahui, lampu HID memerlukan suplai listrik yang sangat besar untuk dapat menyala. Apabila kebutuhan listrik tersebut tidak dapat dicukupi aki dengan baik, akibatnya kondisi aki yang akan tekor. Oleh karena itu, penggantian lampu sepeda motor sebaiknya disesuaikan dengan spul pengisian baterai agar umur aki bisa bertahan lama.
3. Lampu Rem Menyala Terus
Lampu rem atau stop lamp kendaraan yang menyala terus meski tidak ditekan juga bisa merusak aki kendaraan secara perlahan-lahan. Hal ini biasanya disebabkan rusaknya komponen switch rem. Apabila tidak segera diperbaiki, bukan tidak mungkin arus listrik dari aki tersebut akan mengalir terus sampai terkuras habis.
4. Kendaraan Di-bore up
Bore up sepeda motor yang tidak diikuti upgrade komponen elektrik starter juga bisa menyebabkan aki menjadi tekor. Hal ini terjadi karena kompresi terlalu tinggi sehingga kerja elektrik starter semakin bertambah berat untuk memutar mesin. Jika hal tersebut terus dibiarkan, akibatnya aki pun mengalami kerusakan.
5. Kiprok Telah Rusak
Apabila kiprok sepeda motor anda rusak, maka aki akan mengalami overcharging atau sebaliknya. Maka dari itu, perlu dilakukan pengecekan kiprok secara berkala untuk memastikan pengisian listrik pada aki berjalan normal. Caranya yaitu nyalakan mesin antara 4000-5000 RPM, lalu cek tegangan pengisian. Aki yang baik akan memiliki tegangan pengisian berkisar 14-15 volt.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l