Langsung ke konten utama

4 Penyebab Indikator Bensin Motor Rusak

Apakah penyebab indikator bensin motor rusak sehingga mengakibatkannya mati? Keberadaan indikator bensin sangat dibutuhkan oleh para pengguna sepeda motor. Berkat alat ini, kita tidak perlu bersusah payah membuka tangki bahan bakar terlebih dahulu untuk mengetahui berapa sisa volumenya. Cukup dengan melihat posisi jarum pada indikator tersebut, kita bisa langsung tahu apakah bensin di kendaraan masih penuh, cukup banyak, atau hampir habis.

Masalah terjadi manakala indikator bensin tidak dapat berfungsi sama sekali. Posisi jarum penunjuk yang seharusnya mengarah ke E (empty) saat bahan bakar mau habis, tetapi malah masih diam berada di tengah-tengah antara empty dan full. Kita yang tidak tahu-menahu kalau indikator tersebut sudah rusak akan langsung percaya begitu saja. Akibatnya di tengah perjalanan motor berhenti secara mendadak dan tidak dapat dinyalakan kembali karena tidak ada bahan bakarnya.

Beruntung jika Anda langsung menyadari kalau indikator bensin sudah rusak sehingga dapat mengantisipasi sebelumnya. Sebenarnya apa sih penyebab dari kerusakan pada indikator bensin ini?

penyebab-indikator-bensin-rusak.jpg

Penyebab I. Aki yang Drop

Perlu diketahui, dalam kinerjanya sebagian besar indikator bensin membutuhkan energi listrik yang berarus searah (DC). Sumber energi ini didapatkannya dari aki. Apabila aki rusak, soak, atau drop, maka praktis indikator tersebut pun tidak akan menyala. Namun ada pula indikator yang memanfaatkan energi listrik yang berasal dari spul penerangan.

Penyebab II. Pelampung Bermasalah

Bagian dari alat indikator yang berhubungan langsung dengan bensin ialah pelampung. Bagian ini yang bertugas mendeteksi volume bahan bakar kemudian mengirimkan datanya ke jarum penunjuk. Untuk memeriksanya, Anda bisa melepaskan soket kabel pelampung terlebih dahulu, lalu lakukan jumper soket dengan menghubungkannya ke kabel. Jika jarum penunjuk bergerak, berarti pelampung sedang bermasalah.

Penyebab III. Skema Listrik Terputus

Untuk membuat penataan kabel-kabelnya lebih rapi, indikator bensin dilengkapi dengan jalur pengkabelan. Putusnya salah satu jalur tersebut mengakibatkan skema listrik pun tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Tidak ada arus listrik yang didapatkan oleh jarum penunjuk. Alhasil, jarum tersebut akan tetap diam.

Penyebab IV. Spedometer Error

Komponen lain yang mempengaruhi kinerja indikator bahan bakar ialah spedometer. Meskipun jarang terjadi, kerusakan pada bagian ini yang paling merepotkan karena sangat kecil kemungkinannya untuk dapat diperbaiki kembali. Anda bisa mengecek bagian ini dengan membongkar batok spedometer dan komponen-komponen yang terkait. Kemudian cek kondisinya menggunakan AVO meter.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s