Bagaimana cara menghidupkan motor injeksi yang kehabisan bensin? Pamor sepeda motor yang bertenaga injeksi sangat digandrungi oleh para pengendara di Indonesia. Alasannya karena sistem yang ditanamkan ke dalam motor dengan tipe ini semakin canggih. Bahkan produsen pun mengklaim kalau motor injeksi buatannya tetap aman walaupun kehabisan bensin.
Sebagai pemakai motor, kita sepatutnya merasa tenang karena pihak pabrikan motor sudah memikirkan kemungkinan terjadinya insiden kehabisan bensin pada kendaraan beroda dua bikinannya. Prinsipnya adalah sistem injeksi akan menurunkan tekanan fuel pump secara otomatis apabila volume bensin yang terdapat di dalam tangki sudah habis. Hal ini menyebabkan laju motor akan terasa tersendat-sendat kemudian berhenti. Dengan begini, sistem fuel pump tidak akan dipaksa bekerja keras sehingga kondisinya tetap aman.
Jadi sekarang Anda tidak perlu merasa takut lagi jika motor injeksi kesayangan Anda kehabisan bensin. Sebab akibat yang ditimbulkan oleh insiden tersebut ternyata tidak seseram kabar yang beredar selama ini. Namun kendati demikian, Anda tetap tidak boleh membiasakan diri menggunakan sepeda motor sampai bensinnya benar-benar habis. Bagaimana pun sistem injeksi tersebut akan cepat rusak kalau motor Anda terlalu sering kehabisan bahan bakar.
Dampak yang biasanya terjadi ketika sepeda motor injeksi telah kehabisan bensin ialah mesinnya akan susah dihidupkan. Hal ini dikarenakan ketika bensin telah habis, saluran bahan bakar akan kosong sehingga mesin pun tidak mungkin menyala. Sedangkan bensin baru yang dimasukkan ke dalam tangki membutuhkan waktu sejenak untuk mengisi kembali saluran bahan bakar hingga dapat mencapai di bagian nozzle.
Nah, bila sepeda motor injeksi yang Anda miliki sebelumnya pernah mengalami kehabisan bensin, Anda bisa menghidupkan kembali kendaraan tersebut dengan langkah-langkah di bawah ini :
- Isilah tangki sepeda motor dengan bensin secukupnya. Kalau bisa, sesuaikan jenis bahan bakar yang dipakai dengan volume silinder mesin motor tersebut.
- Masukkan kunci kontak ke dalam lubang kunci motor. Putar kunci tersebut searah dengan jarum jam untuk menyalakannya. Tunggu sejenak agar bensin terpompa masuk ke dalam tangki. Proses ini biasanya ditandai dengan munculnya suara gemeresik yang berasal dari dalam tangki.
- Setelah suara yang timbul dari tangki tidak terdengar lagi, Anda bisa mencoba memutar kunci berlawanan dengan jarum jam untuk mematikan sistem motor. Setelah itu, cobalah lakukan starter secara manual dengan menginjak tuas engkol sebanyak 3-5 kali.
- Nyalakan kembali sistem sepeda motor dengan memutar kunci ke arah kanan. Hidupkan mesin motor menggunakan starter manual.
- Jika mesin motor tidak kunjung menyala, Anda bisa menekan tuas choke down ke arah bawah sembari menarik gas sampai penuh selama 10-15 detik. Berikutnya cobalah menyalakan motor dengan starter engkol sekali lagi.
Semoga berhasil!
Komentar
Posting Komentar