Langsung ke konten utama

Cara Menghidupkan Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Bagaimana cara menghidupkan motor injeksi yang kehabisan bensin? Pamor sepeda motor yang bertenaga injeksi sangat digandrungi oleh para pengendara di Indonesia. Alasannya karena sistem yang ditanamkan ke dalam motor dengan tipe ini semakin canggih. Bahkan produsen pun mengklaim kalau motor injeksi buatannya tetap aman walaupun kehabisan bensin.

Sebagai pemakai motor, kita sepatutnya merasa tenang karena pihak pabrikan motor sudah memikirkan kemungkinan terjadinya insiden kehabisan bensin pada kendaraan beroda dua bikinannya. Prinsipnya adalah sistem injeksi akan menurunkan tekanan fuel pump secara otomatis apabila volume bensin yang terdapat di dalam tangki sudah habis. Hal ini menyebabkan laju motor akan terasa tersendat-sendat kemudian berhenti. Dengan begini, sistem fuel pump tidak akan dipaksa bekerja keras sehingga kondisinya tetap aman.

Jadi sekarang Anda tidak perlu merasa takut lagi jika motor injeksi kesayangan Anda kehabisan bensin. Sebab akibat yang ditimbulkan oleh insiden tersebut ternyata tidak seseram kabar yang beredar selama ini. Namun kendati demikian, Anda tetap tidak boleh membiasakan diri menggunakan sepeda motor sampai bensinnya benar-benar habis. Bagaimana pun sistem injeksi tersebut akan cepat rusak kalau motor Anda terlalu sering kehabisan bahan bakar.

cara-menghidupkan-sepeda-motor.jpg

Dampak yang biasanya terjadi ketika sepeda motor injeksi telah kehabisan bensin ialah mesinnya akan susah dihidupkan. Hal ini dikarenakan ketika bensin telah habis, saluran bahan bakar akan kosong sehingga mesin pun tidak mungkin menyala. Sedangkan bensin baru yang dimasukkan ke dalam tangki membutuhkan waktu sejenak untuk mengisi kembali saluran bahan bakar hingga dapat mencapai di bagian nozzle.

Nah, bila sepeda motor injeksi yang Anda miliki sebelumnya pernah mengalami kehabisan bensin, Anda bisa menghidupkan kembali kendaraan tersebut dengan langkah-langkah di bawah ini :

  1. Isilah tangki sepeda motor dengan bensin secukupnya. Kalau bisa, sesuaikan jenis bahan bakar yang dipakai dengan volume silinder mesin motor tersebut.
  2. Masukkan kunci kontak ke dalam lubang kunci motor. Putar kunci tersebut searah dengan jarum jam untuk menyalakannya. Tunggu sejenak agar bensin terpompa masuk ke dalam tangki. Proses ini biasanya ditandai dengan munculnya suara gemeresik yang berasal dari dalam tangki.
  3. Setelah suara yang timbul dari tangki tidak terdengar lagi, Anda bisa mencoba memutar kunci berlawanan dengan jarum jam untuk mematikan sistem motor. Setelah itu, cobalah lakukan starter secara manual dengan menginjak tuas engkol sebanyak 3-5 kali.
  4. Nyalakan kembali sistem sepeda motor dengan memutar kunci ke arah kanan. Hidupkan mesin motor menggunakan starter manual.
  5. Jika mesin motor tidak kunjung menyala, Anda bisa menekan tuas choke down ke arah bawah sembari menarik gas sampai penuh selama 10-15 detik. Berikutnya cobalah menyalakan motor dengan starter engkol sekali lagi.

Semoga berhasil!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s