Langsung ke konten utama

Cara Mudah Setting Karburator Motor Drag

Bagaimana cara setting karburator pada sepeda motor drag? Ibarat jantung pada tubuh kita, karburator berperan penting bagi sebuah sepeda motor. Komponen ini berfungsi untuk menyuplai bahan bakar ke dalam mesin sehingga dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan pengaturan pada karburator motor kesayangan, baik yang menggunakan mesin 2 tak maupun mesin 4 tak.

Pada dasarnya, proses penyetingan karburator dimulai dengan membongkar komponen ini terlebih dahulu. Barulah kemudian Anda bisa mengatur kebutuhan angin yang diperlukan oleh sepeda motor. Tujuannya agar laju kendaraan tidak terasa mbrebet saat Anda menggeber gas. Sayangnya, proses setting ini masih mengandalkan feeling kita dalam menentukan campuran antara bahan bakar dan oksigen yang sesuai.

setting-karburator-motor-drag.jpg

Nah, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda kerjakan untuk dapat mengatur karburator sepeda motor yang bertipe drag.

  1. Anda bisa memulainya dengan memutar setelan angin yang terdapat di komponen karburator sepeda motor. Jangan lupa perhatikan efeknya yang timbul pada perputaran mesin. Rasakan settingan tersebut apakah sudah pas atau belum.
  2. Ciri-ciri pilot jet yang terlalu kecil adalah laju motor terasa mengendut-endut dan perputaran grip gas pun tanggung pada saat motor dijalankan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti pilot jet dengan yang baru dan berukuran satu level di atasnya
  3. Sedangkan bila setting pilot jet terlalu besar, maka tanda-tandanya antara lain mesin terasa menahan dan knalpot mengeluarkan bunyi berebet ketika motor diajak berakselerasi/grip gas diputar dari bawah sekaligus.
  4. Jika pengaturan main jet terlalu kecil akibatnya perputaran mesin saat di atas terasa kering dan kecepatan motor pada top speed menjadi statis. Sementara saat grip gas diputar di tempat, mesin motor akan mengeluarkan bunyi yang meraung-raung. Ingat, settingan main jet yang kekecilan tidak berdampak pada knalpot yang berbunyi berebet.
  5. Begitu pula ketika main jet disetting terlalu besar, hal ini akan mengakibatkan perputaran mesin pada grip gas full akan terasa berat. Sedangkan saat disetting di tempatnya biasanya akan menyebabkan suara berebet dari mesin dan knalpot.
  6. Bagaimana jika posisi klip jarum skep terlalu irit? Settingan ini akan menyebabkan gejala mesin yang seolah-olah menjerit seperti kehabisan bahan bakar. Dampak yang sama juga akan terasa pada saat grip gas diputar naik dan turun sekaligus sewaktu rpm di tengah, rpm di tinggi, atau sepeda motor disetting di tempat.
  7. Nah, untuk setting klik jarum skep yang terlalu boros, dampak yang ditimbulkannya yaitu gejala berebet saat motor disetting di tempat dan akan menghilang jika motor dijalankan. Hal ini bakal menyebabkan mesin tidak dapat menjangkau rpm yang tinggi.
  8. Lantas bagaimana sih settingan yang pas? Pengaturan pilot jet, main jet, dan jarum skep yang tepat ditunjukkan dengan berputarnya grip gas tanggung dan naiknya mesin motor seiring dengan diputarnya sekrup angin menggunakan obeng minus kurang lebih sebanyak 1,5 kali putaran.

Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...