Langsung ke konten utama

Cara Membuka Baut Plus yang Slek/Dol

Bagaimana cara membuka baut plus yang slek/dol pada motor? Sebagian besar komponen-komponen pada sepeda motor diikat menggunakan baut. Ada baut yang berjenis phillip (plus), ada pula yang berasal dari jenis slotted (minus). Ukuran baut tersebut pun sangat beraneka ragam.

Secara prinsip, membuka baut menggunakan obeng itu sangatlah mudah. Kita tinggal memutar obeng dengan gerakan yang berlawanan dari arah jarum jam. Masalah yang besar muncul manakala kepala baut yang akan dibuka tersebut telah slek, dol, atau gundul. Bagaimana pun obeng tidak akan bisa mencengkeram baut tadi.

cara-membuka-baut-plus.jpg

Lantas, bagaimana sih cara mengatasinya? Kami punya lima solusi jitu untuk Anda!

  1. Menyambung Obeng dan Baut dengan Solder

Metode pertama ini yang paling mudah menurut kami. Cuma Anda harus mengorbankan obeng yang dipakai. Caranya adalah tempelkan obeng ke kepala baut. Lalu solder permukaan sekelilingnya agar obeng tersebut menyatu dengan baut. Tunggu selama beberapa saat supaya timahnya mengeras serta obeng dan baut benar-benar telah menyatu. Barulah kemudian Anda bisa memutar obeng tadi ke kiri untuk melepaskan baut.

  1. Menggunakan Lem Besi

Pada prinsipnya, metode kedua ini masih sama dengan teknik di atas. Perbedaannya terletak pada penggunaan lem besi sebagai bahan penyambung obeng dan baut. Jadi risiko yang ditimbulkan lebih besar. Misalnya lem besi yang meluber ke pinggiran baut justru akan membuat ikatan baut semakin kuat dan susah dilepaskan. So, Anda harus berhati-hati sekali dalam menerapkan kiat ini. Usahakan pakai sedikit saja lem untuk dioleskan ke bagian celah plus/minus pada baut.

  1. Mengganjal Menggunakan Karet

Karet juga bisa dipakai untuk mengganjal kepala baut yang telah soak lho. Pilih karet gelang yang tipis dan cukup lebar. Letakkan salah satu permukaan karet tersebut menutupi kepala baut. Setelah itu, tancapkan obeng pada kedudukannya di kepala dengan melewati karet tadi. Kini Anda bisa memutar obeng dengan sedikit hentakan untuk memaksa baut agar berputar.

  1. Membuat Dudukan yang Baru

Baut plus yang dol bisa diatasi dengan membuat dudukan yang baru. Di sini Anda bisa menggunakan palu dan tatah untuk membentuk dudukan tersebut. Anda cukup memosisikan tatah pada kepala sekrup dan memukulnya berkali-kali menggunakan palu. Setelah garis cekungan yang pertama sudah berhasil terbentuk, selanjutnya Anda bisa membuat garis cekungan kedua dengan arah yang berlawanan dari cekungan pertama. Usahakan posisi kedua cekungan tersebut membentuk tanda plus yang presisi. Setelah tanda plus jadi, Anda bisa membuka baut tersebut memakai obeng seperti biasanya.

  1. Lubangi Memakai Bor Tangan

Metode yang terakhir ini memiliki tingkat risiko yang sangat besar. Jadi seluruh prosesnya harus dilakukan oleh seseorang yang ahli. Kalau bisa, cobalah keempat cara di atas terlebih dahulu. Jika semuanya gagal, Anda bisa mencoba teknik pengeboran ini dengan berbagai pertimbangan yang matang. Gunakan mesin bor yang telah dipasangi mata bor yang khusus untuk melubangi besi. Kemudian arahkan mata bor tadi tepat ke baut yang slek sehingga akan menghancurkannya. Lakukan dengan hati-hati agar bautnya saja yang rusak, sedangkan dudukannya tetap aman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...