Langsung ke konten utama

Cara Mudah Memasang Plat Nomor di Windshield

Bagaimana caranya memasang plat nomor di windshield? Ada banyak alasan kenapa seorang pemilik motor lebih memilih memasangkan plat nomor depannya di windshield daripada dudukan yang sudah tersedia. Salah satunya ialah adanya plat nomor depan di dudukan plat nomor tadi dapat mengurangi pesona kendaraan tersebut akibat tidak bisa menyatu dengan baik. Misalnya Ninja RR yang memiliki plat nomor di bagian depannya tampak seolah-olah ditempeli plester.

Namun peraturan lalu lintas di Indonesia mewajibkan seluruh sepeda motor harus dilengkapi dengan dua tanda nomor kendaraan yang dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan. Namanya juga orang kreatif, kita masih bisa memasang plat nomor depan tanpa mengganggu tampilan kendaraan. Caranya adalah memasang plat tersebut di balik windshield. Prosesnya dijamin gampang sekali kok.

cara-memasang-plat-nomor.jpg

Berikut ini panduan khas Pyurio yang dapat Anda lakukan untuk memasang plat nomor motor pada windshield!

Alat dan Bahan :

  • Double tape (isolasi bolak-balik); kualitas paling bagus
  • Gunting
  • Kain lap kering

Langkah-langkah :

  1. Tekuk plat nomor agar bentuknya berubah menjadi cekung ke dalam, bukan datar. Usahakan sudut kemiringan lekukan tersebut persis seperti pada windshield. Semakin presisi sudut kemiringan lekukannya, maka plat nomor pun akan menempel semakin kuat dan tahan lama.
  2. Bersihkan bagian luar plat nomor (bagian yang ada angkanya) menggunakan kain lap. Pastikan kondisi permukaannya juga sudah benar-benar kering. Jangan lupa bersihkan juga permukaan bagian dalam windshield.
  3. Tempelkan double tape hingga menutupi seluruh permukaan plat nomor. Kalau bisa jangan sampai ada bagian yang tidak tertutupi agar ikatan double tape tersebut lebih kencang. Setelah itu, rapikan sisi-sisi potongan double tape.
  4. Dengan hati-hati, tempelkan plat nomor tadi di permukaan windshield dengan posisi sesuai selera. Berikan tekanan sedikit agar plat nomor ini bisa menempel dengan kencang. Biar hasilnya lebih kuat, Anda bisa menggunakan buku untuk menekan plat nomor tadi selama 12-24 jam.
  5. Usahakan dalam tempo 3-5 hari setelah penempelan plat nomor depan ini, sepeda motor tidak boleh terkena air sama sekali. Dikhawatirkan lapisan lem pada double tape tadi belum terlalu mengeras sempurna sehingga plat nomor bisa terlepas kembali apabila tersiram air.

Selain menggunakan double tape, Anda juga bisa memasang plat nomor pada windshield dengan memasukkan sisi bagian bawahnya di celah-celah windshield tersebut. Pertama-tama, Anda perlu melonggarkan baut kaca spion memakai kunci L. Kemudian masukkan plat nomor tadi ke celah-celah windshield yang sudah longgar. Setelah posisinya sudah pas, kencangkan kembali baut spion dan pastikan plat nomor terjepit kuat oleh windshield.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s