Langsung ke konten utama

4 Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Mio Z

Apakah kelebihan dan kekurangan Yamaha Mio Z? Di tahun 2016 ini, Yamaha sebagai pabrikan motor paling depan di Indonesia meluncurkan sepeda motor matic terbaru dari keluarga Mio. Kali ini dilabeli dengan titel Yamaha Mio Z. Diharapkan motor ini mampu melawan dominasi Honda Beat di kelas sekutik entry-level serta meraih kesuksesan sebagaimana kakak-kakaknya terdahulu.

Yamaha Mio Z adalah motor matic bertenaga 125 cc yang dilengkapi dengan teknologi Blue Core. Desainnya mirip sekali dengan Mio M3 dengan perbedaan pada kapasitas bagasi yang lebih luas dan ukuran ban yang lebih lebar. Secara keseluruhan, body-nya pun terlihat ramping dan stylish dengan beberapa lekukan yang tegas. Kombinasi mesin Air Cooled 4 Stroke SOHC dan volume silinder 125 cc bahkan mampu mempersembahkan tenaga yang sangat mengesankan untuk motor matic.

kelebihan-kekurangan-mio-z.jpg

Namanya juga buatan manusia, Yamaha Mio Z tentu tidak bisa terlepas dari yang namanya kekurangan. Nah, berikut merupakan beberapa kekurangan yang dimiliki oleh sepeda motor ini :

  1. Minim Inovasi

Sebagai sepeda motor terbaru, sudah sepatutnya Mio Z mempunyai kemampuan yang lebih baik daripada generasi sebelumnya. Namun sayangnya inovasi yang dimiliki oleh seri ini tidak terlalu banyak. Malahan antara Mio Z dan Mio M3 mempunyai performa yang tidak jauh berbeda. Perbedaan yang mencolok hanya terletak pada ukuran bannya, di mana hal tersebut juga sering digembar-gemborkan oleh Yamaha. Fakta ini tentu sangat disayangkan terutama bagi mereka pencinta Mio yang menginginkan gebrakan baru.

  1. Harga Mahal

Dengan perubahan yang tidak begitu banyak dari versi terdahulunya, Yamaha Mio Z dibanderol dengan harga Rp400 ribu lebih mahal daripada Mio M3. Perlu diketahui, harga Yamaha Mio Z on the road di Jakarta sekitar Rp15,1 jutaan. Sedangkan harga Yamaha Mio M3 on the road di Jakarta sekitar Rp14,7 jutaan.

Sementara itu, kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Yamaha Mio Z antara lain :

  1. Desain Premium

Dihiasi dengan warna doff/mate, Mio Z memiliki desain yang jauh lebih eksklusif. Penggunaan jenis warna ini juga membuat tampilan Mio Z berbeda dibandingkan dengan sekuter-sekuter lain yang umumnya memakai warna cerah. Pemakaian motif stripping-nya juga tidak terlalu banyak tetapi berkelas. Ada dua pilihan warna yang tersedia yaitu hitam dan putih.

  1. Ban Lebar

Ternyata penggunaan ban yang lebih lebar oleh Yamaha Mio Z bukan tanpa maksud. Beberapa manfaat yang didapatkan dari pemakaian ban tersebut di antaranya laju kendaraan yang lebih kencang, aman di tikungan, dan akselerasi yang lancar. Perlu diketahui, Mio Z mengandalkan ban depan berukuran 80/80 dan ban belakang berukuran 100/70.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...