Langsung ke konten utama

Cara Memasang Aki Kering pada Motor

Bagaimana cara memasang aki kering pada motor? Pada sepeda motor, aki berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang dibutuhkan oleh komponen-komponen elektronika pada kendaraan agar bisa menyala. Ada dua jenis aki berdasarkan media penyimpannya yaitu aki kering dan aki basah. Aki kering memiliki kelebihan pada sifatnya yang praktis dan bebas perawatan.

Kendaraan roda dua keluaran terbaru biasanya dilengkapi dengan aki kering. Aki ini bekerja seperti baterai. Anda bisa menggunakannya terus-menerus tanpa harus mengisi ulang media penyimpanan listrik tersebut. Biasanya usia penggunaan aki kering berkisar antara 2-3 tahun tergantung penggunaan. Bila masa pakainya telah habis, Anda harus mengganti aki kering tadi dengan yang baru.

Tetapi bagaimana sih caranya memasang aki kering pada motor? Proses ini dimulai dengan melepaskan perangkat aki yang lama terlebih dahulu dari dudukan aki. Setelah itu, baru deh Anda bisa memasangkan aki baru di posisinya. Jangan lupa cek untuk memastikan hasil pekerjaan Anda sudah beres. Barulah kemudian Anda bisa mencoba menyalakan mesin motor memakai starter elektronik.

cara-memasang-aki-kering.jpg

Berikut ini panduan pemasang aki kering pada sepeda motor yang patut Anda coba praktekkan sendiri!

Alat dan Bahan ;

  • Aki kering
  • Obeng

Langkah-langkah :

  1. Pastikan sepeda motor sudah berada dalam kondisi nonaktif. Kemudian Anda bisa memosisikan motor dengan bertumpu pada standar ganda/tengah agar proses pekerjaan menjadi lebih gampang.
  2. Bukalah jok motor menggunakan kunci kontak. Setelah itu, lepaskan sekrup yang mengikat penutup kotak tempat aki memakai obeng. Lalu Anda bisa melepaskan penutup kotak wadah aki tersebut dari posisinya. Simpanlah sekrup dan penutup tadi di tempat yang aman supaya mudah dicari.
  3. Kini Anda bisa melihat aki yang tersimpan di dalam tempatnya. Perhatikan bahwa aki kering tersebut tersambung dengan dua buah kabel yaitu kabel merah dan kabel hitam. Kabel merah terhubung dengan kutub positif pada aki. Sedangkan kabel hitam terkoneksi dengan kutub negatif pada aki.
  4. Ambil obeng, lalu gunakan untuk melepaskan sekrup yang menahan kabel-kabel yang tersambung dengan aki. Pastikan motor sudah dalam kondisi off ketika Anda melepaskan kabel tersebut. Setelah kedua sekrup dan kabel ini sudah terlepas dari aki, silakan keluarkan aki kering dari tempatnya. Aki kering bekas ini sebaiknya disimpan di tempat yang aman.
  5. Siapkan aki kering yang baru. Masukkan aki tersebut ke dalam tempat aki pada motor. Pastikan arah hadap aki sudah sesuai. Kutub positif aki harus berdekatan dengan kabel merah dan kutub negatif aki juga berada dekat dengan kabel hitam.
  6. Pasang kabel merah di kutub positif pada aki. Berikutnya ikat pasangan tersebut menggunakan sekrup. Begitu pula dengan kabel hitam harus diikat dengan kutub negatif pada aki memakai sekrup. Periksa sekali lagi hasil pekerjaan Anda untuk memastikan kedua kabel sudah terpasang dengan kuat.
  7. Kini saatnya memasang penutup tempat aki seperti semula. Jangan lupa untuk mengikatnya menggunakan sekrup ya. Kemudian Anda bisa menutup kembali jok motor.
  8. Kini saatnya mengujicoba hasil pekerjaan Anda. Caranya adalah nyalakan mesin motor menggunakan starter elektrik. Jika berhasil menyala tanpa tersendat-sendat berarti Anda telah sukses memasang aki kering yang baru. Coba juga menyalakan klakson dan menghidupkan semua lampu yang melengkapi sepeda motor.

Selamat mencoba! Silakan sampaikan pertanyaan-pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s