Langsung ke konten utama

Cara Membersihkan Kerak di Dalam Knalpot

Bagaimana cara membersihkan kerak di dalam knalpot? Seiring dengan penggunaannya, bagian dalam knalpot akan kotor akibat lapisan kerak yang semakin menebal. Akibatnya performa yang dapat dihasilkan oleh mesin pun menjadi berkurang. Biasannya hal ini akan sangat dirasakan ketika spedometer sudah berada di rentang 80.000-100.000 km.

Ada beberapa penyebab kenapa terbentuk lapisan kerak di dalam knalpot. Penyebab utamanya adalah kebiasaan berkendara secara pelan dengan kecepatan kurang dari 45 km/jam. Memang benar, kita akan lebih aman saat membawa motor dengan laju yang pelan. Kondisi spare part bakal lebih awet bila kita berhati-hati dalam mengendarai sepeda motor.

Namun jika hal ini dibiasakan, akibatnya muncul kerak yang disebabkan oleh karbon sisa pembuangan bahan bakar yang menumpuk di ruang bakar dan interior knalpot. Lama-kelamaan tumpukan karbon ini akan semakin membesar sehingga membuang lubang buang pada knalpot menjadi sempit. Inilah yang menyebabkan tenaga mesin motor akan menurun.

membersihkan-bagian-dalam-knalpot.jpg

Beruntung karena masalah tumpukan kerak di dalam knalpot ternyata bisa diatasi sendiri. Kami sudah mencobanya sendiri pada sepeda motor yang berteknologi 4 tak. Proses pengerjaannya sangat mudah kok tanpa harus melepas knalpot motor tersebut. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut!

Alat dan Bahan :

  • Potongan kain perca ukuran kecil
  • 1/4 liter oli diesel atau oli khusus mesin 4 tak
  • Corong

Langkah-langkah :

  1. Awali dengan menyumbat lubang kecil yang ada di bagian tengah sisi bawah knalpot yang biasanya berfungsi sebagai saluran pembuangan air. Gulung kain perca sedemikian rupa hingga membentuk gulungan sesuai dengan diameter lubang kecil tersebut. Setelah itu, sumbat lubang tadi menggunakan gulungan kain hingga benar-benar rapat.
  2. Posisikan corong ke dalam mulut knalpot. Tuangkan oli diesel ke dalam knalpot melalui corong. Jumlah oli yang harus dimasukkan ke knalpot kurang lebih sebanyak 1/4 liter. Namun Anda harus memastikan kalau tidak ada oli yang masuk ke dalam bagian leher knalpot.
  3. Kini saatnya menyalakan mesin selama beberapa saat sampai kondisi knalpot menjadi panas dan oli di dalamnya pun mendidih. Setelah itu, tarik tuas gas sampai penuh untuk meningkatkan suhu di dalam knalpot sehingga dapat mempercepat proses penguapan oli. Jangan takut kalau motor akan mengeluarkan asap putih yang sangat pekat selama proses ini berlangsung.
  4. Biarkan sepeda motor tetap menyala hingga seluruh oli di dalam knalpot habis. Kalau perlu Anda bisa mengendarai motor tersebut untuk berkeliling kota. Sayang kan bahan bakarnya kalau motor hanya diam di tempat dalam waktu yang lama? Hal ini cukup aman kok. Tetapi kemungkinan besar Anda akan menjadi pusat perhatian karena motor Anda terus mengepulkan asap.
  5. Panaskan motor tersebut dalam waktu yang berkisar antara 15-30 menit. Kini Anda bisa mematikan mesin motor. Bukalah gulungan kain yang tadi menyumbat saluran pembuangan air pada knalpot. Maka secara otomatis oli di dalamnya pun akan mengalir keluar dan tampak hitam pekat. Ini tandanya kerak pada knalpot sudah terkikis. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, silakan lakukan perawatan terhadap knalpot ini setiap seminggu sekali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s