Langsung ke konten utama

Cara Melakukan Stoppie yang Benar

Bagaimana cara melakukan stoppie yang benar? Stoppie adalah salah satu gerakan yang terdapat dalam freestyle sepeda motor, di mana ban belakang diangkat naik dan motor bertumpu pada ban depan. Sensasi yang ditimbulkan oleh gerakan ini seakan-akan Anda bakalan jatuh ke depan.

Sebelum memulai belajar teknik stoppie yang benar, Anda harus mempersiapkan diri terlebih dahulu. Beberapa perlengkapan keamanan yang perlu dikenakan antara lain helm sepeda motor berstandar SNI/DOT yang memiliki visor bening, sarung tangan, celana jeans, pelindung siku dan lutut, serta jaket yang tebal. Selain itu, Anda juga perlu memeriksa faktor-faktor yang bisa mendukung kelancaran proses pembelajaran ini.

  • Pastikan kondisi ban depan masih bagus dan tidak botak. Sebab bila ban depan motor sudah botak, Anda akan sangat mudah tergelincir ke depan akibat ban yang tidak bisa mencengkeram permukaan jalan dengan kuat.
  • Periksa keadaan tempat yang akan menjadi lokasi latihan. Sebaiknya Anda berlatih di tempat yang sudah dilapisi dengan aspal dan hindari lokasi yang masih berupa tanah, pasir, atau kerikil. Dilarang keras berlatih stoppie di jalan umum karena dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan pengendara lain. Jangan sampai karena ulah Anda, olahraga ini dicap buruk oleh masyarakat.
  • Lakukan uji coba secara hati-hati di bawah teman yang sudah mahir melakukan stoppie. Kami tidak bertanggung jawab terhadap segala bentuk risiko yang mungkin timbul ketika Anda melakukan panduan di bawah ini.

cara-melakukan-stoppie.jpg

Nah, berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk ber-stoppie!

  1. Posisikan gigi sepeda motor pada angka 1. Kemudian berkendaralah dengan kecepatan 20-30 km/jam sebagai pemanasan.
  2. Atur posisi badan Anda supaya agak menungging ke depan. Letakkan kedua tangan agar menekan sedang untuk memindahkan beban tubuh ke shockbreaker depan.
  3. Tekanlah tuas rem depan secara perlahan-lahan sampai roda depan terkunci sempurna. Hal ini dilakukan untuk membiasakan Anda merasakan respons dari disk brake.
  4. Pada saat ban belakang sudah mulai terangkat, Anda harus tetap menekan tuas rem. Barulah setelah posisi ban belakang yang terangkat tadi sudah cukup tinggi, Anda bisa melepaskan tuas rem depan untuk membiarkan roda depan berputar. Alhasil roda belakang yang tadinya terangkat pun kini akan turun kembali.
  5. Supaya proses penurunan roda belakang terasa lebih halus dan mulus, Anda bisa membuka gas secara halus sambil mengatur keseimbangan badan tepat ketika ban belakang terhempas di aspal.

Demikian panduannya, selamat mencoba sendiri!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s