Langsung ke konten utama

8 Cara Mengerem Sepeda Motor yang Baik dan Benar

Bagaimana cara mengerem sepeda motor yang baik dan benar? Pengereman sepeda motor dilakukan untuk memperlambat laju kendaraan dan menghentikannya. Saat ini, semua sepeda motor telah dilengkapi oleh sistem pengereman depan dan belakang. Pada praktiknya, kedua sistem pengereman tersebut harus dikombinasikan secara bersama-sama untuk memperoleh hasil pengereman yang aman.
cara-mengerem-sepeda-motor.jpg
Sepeda Motor Melaju
Di bawah ini Pyurio share prosedur melakukan pengereman sepeda motor yang tepat :
  1. Gunakan keempat jari tangan kanan untuk melakukan pengereman depan, bukan dengan dua jari. Hal ini dimaksudkan agar semua handle rem terpegang sempurna sehingga pengereman bisa dilakukan lebih maksimal.
  2. Proses pengereman harus diawali dengan pengosongan gas sepeda motor alias melepas handle gas. Percuma jika anda mengerem sambil menarik gas karena mesin masih terus memutar roda. Hasilnya pengereman yang dilakukan tidak berlangsung sesuai harapan.
  3. Lakukan penarikan handle rem secara pelahan-lahan dengan diurut bukan disentak sekaligus. Setelah hampir mendekati objek yang dihindari, pengereman bisa ditarik lebih kuat. Sebaliknya, mengerem sepeda motor secara reflek akan membahayakan pengendara itu sendiri.
  4. Usahakan pada saat mengerem motor tidak terjadi gesekan antara ban dengan aspal. Timbulnya gesekan akan mengakibatkan jarak pengereman bertambah panjang sehingga pemotor pun berisiko menabrak sesuatu di depannya.
  5. Untuk memperlambat laju kendaraan di jalanan lurus, kombinasikan sistem pengereman depan dan belakang dengan perbandingan 60:40 atau 70:30. Pemakaian sistem pengereman depan yang lebih besar memungkinkan gerakan sepeda motor tetap searah gravitasi. Sedangkan apabila anda menggunakan rem belakang lebih besar, maka kendaraan pun akan melawan gravitasi sehingga akan menimbulkan sliding.
  6. Sementara itu, pengereman yang benar di waktu hujan adalah memadukan rem depan dan rem belakang dengan perbandingan 40:60. Kondisi jalanan licin akan menyebabkan gerakan motor tidak stabil sehingga rem belakang dapat dimanfaatkan untuk menyeimbangkan laju sepeda motor.
  7. Apabila sepeda motor hendak melewati tikungan, teknik pengereman yang benar adalah hanya mengandalkan rem belakang secara perlahan-lahan. Penggunaan rem depan justru akan mengakibatkan motor terpeleset.
  8. Usahakan kondisi rem depan dan rem belakang selalu normal. Lakukan perawatan rem sepeda motor secara rutin dan ganti kampas rem yang sudah aus. Jangan biarkan ada salah satu sistem pengereman yang tidak berfungsi, sebab antara rem depan dan rem belakang sama-sama dibutuhkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s