Langsung ke konten utama

Begini Lho Cara Merawat Sepeda Motor yang Masih Baru!

Bagaimana cara merawat sepeda motor yang masih baru? Tidak sedikit pemilik kendaraan bermotor yang melakukan kekeliruan karena merawat sepeda motor barunya sama seperti motor lama. Padahal, cara tersebut benar-benar salah sebab komponen-komponen motor yang baru tersebut masih fresh dan belum beradaptasi satu sama lain. Bukan tidak mungkin kesalahan dalam melakukan perawatan motor justru akan memperpendek usia pakai kendaraan tersebut ke depannya.
Bagi anda yang sedang memiliki sepeda motor baru, kesepuluh cara perawatan berikut ini mungkin akan sangat berguna bagi anda!
1. Laju Kendaraan Maksimal 50 km/jam
Perlu diketahui, komponen yang paling rawan pada sepeda motor baru adalah mesin. Apabila mesin tersebut langsung dipaksa bekerja keras, maka bagian-bagian penyusunnya akan mudah mengalami keterkejutan dan rusak. Rekomendasi kami, kendarai motor dengan kecepatan maksimal 50 km/jam sebelum speedometer-nya menunjukkan angka 500 km.

2. Jangan Digeber-geber
Kendaraan beroda dua yang masih baru juga tidak disarankan untuk digunakan secara berlebihan dan ugal-ugalan, atau istilahnya digeber. Sama seperti poin sebelumnya pemaksaan terhadap kinerja mesin malah akan membuat mesin tersebut cepat mengalami drop. Di sisi sebaliknya, penarikan gas secara perlahan-lahan akan membuat sepeda motor anda irit bahan bakar.
3. Hindari Membawa Beban Terlalu Berat
Salah satu kebiasaan buruk masyarakat Indonesia adalah mengangkut berbagai barang di kendaraannya dalam jumlah maksimal. Tidak masalah jika sepeda motor anda sudah terbiasa membawa beban yang berat. Namun apabila motor anda masih baru, sebaiknya hindari tindakan ini karena akan menimbulkan kerusakan sedikit demi sedikit, baik pada mesin maupun kerangkanya.
4. Pelajari Buku Servis
Pembelian sepeda motor baru biasanya juga dilengkapi dengan buku panduan yang berisi waktu servis yang ideal. Umumnya, selama servis-servis awal, motor anda akan diberikan layanan servis secara gratis dari dealer yang sudah dianjurkan pabrikan. Jangan sia-siakan kesempatan emas ini untuk sekaligus bertanya-tanya tentang anjuran bentuk perawatan yang benar.
5. Ganti Oli Secara Rutin
Jangan lupa lakukan penggantian oli secara rutin sesuai saran pabrikan. Selalu gunakan produk pelumas yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan agar garansi sepeda motor anda tidak lenyap. Klik di sini untuk mempelajari serba-serai pelumas oli sepeda motor dan tata cara penggantiannya.
6. Hindari Mengisi Bahan Bakar di Tempat Eceran
Biasakanlah mengisi bahan bakar di SPBU-SPBU resmi di kota anda. Hindari membelinya dari tempat eceran karena dikhawatirkan bahan bakar tersebut sudah tidak murni. Jika memungkinkan, pilih jenis bahan bakar yang mengandung kadar RON tinggi seperti Pertamax.
7. Perawatan Knalpot Motor
Selain mesin, knalpot juga merupakan salah satu komponen sepeda motor yang rentan terhadap kerusakan. Pemberian perawatan yang tepat akan mengoptimalkan fungsi knalpot tersebut dan memastikannya tahan lama. Untuk mencegah knalpot mengalami korosi atau berkarat, anda bisa menuangkan sedikit oli ke dalam lubang knalpot sebulan sekali.
8. Panaskan Mesin Setiap Pagi
Sama seperti manusia, sebelum melakukan tugas yang berat, mesin sepeda motor juga perlu dipanaskan terlebih dahulu. Idealnya pemanasan dilakukan menggunakan starter engkol selama 2-5 menit. Sekali lagi, jangan menggeber-geber tuas gas motor karena tindakan tersebut percuma dan justru bisa merusak mesin motor baru anda.
9. Bersihkan Setiap Hari
Sayang sekali bila sepeda motor anda yang masih baru tersebut diselimuti debu sehingga pesonanya berkurang. Untuk itu disarankan mengelap body-nya setiap hari memakai kain non-fiber dan cairan pembersih khusus. Sedangkan untuk intensitas pencucian motor secara menyeluruh bisa anda lakukan setiap seminggu sekali menggunakan shampo khusus sepeda motor. Hindari membersihkan sepeda motor dengan sabun deterjen atau sampo rambut karena kadar konsentrasinya yang tinggi bisa membuat body motor anda terlihat kusam.
10. Batasi Terpaan Terik Matahari
Terik matahari yang panas sanggup mengurangi pesona tampilan cat kendaraan anda. Bahkan, bukan tidak mungkin sepeda motor yang sering terkena cahaya matahari akan terlihat kusam di beberapa bagian seolah-olah terbakar. Untuk itu, pastikan setiap hari anda memarkir sepeda motor di tempat yang teduh dan terlindungi, serta aman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s