Langsung ke konten utama

Petunjuk Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot Sepeda Motor

Bagaimana cara menghilangkan karat pada knalpot sepeda motor? Knalpot adalah komponen sepeda motor yang berfungsi sebagai saluran pembuangan gas hasil pembakaran. Pada umumnya, knalpot dibuat dari bahan besi yang dicampurkan dengan krom. Tidak heran, knalpot akan berkarat apabila tidak dirawat dengan benar.

cara-menghilangkan-karat-knalpot.jpg

Knalpot Sepeda Motor

Mayoritas pemilik sepeda motor menghilangkan karat pada knalpot dengan mengikisnya menggunakan ampelas atau sikat kawat. Padahal cara ini sangatlah keliru karena justru akan membuat struktur knalpot semakin tipis dan rawan berlubang. Lantas, bagaimanakah cara yang benar?

Alat dan Bahan :

  • Pasta gigi
  • Pelumas oli
  • Cat antikarat
  • Air
  • Sikat gigi
  • Kuas ukuran kecil
  • Kain lap
  • Ember

Langkah-langkah :

  1. Posisikan sepeda motor bertumpu pada standar tengah sehingga memudahkan kita untuk membersihkannya.
  2. Pembersihan tahap pertama dilakukan dengan menggunakan pasta gigi dan sikat gigi bekas. Caranya yaitu oleskan pasta ke sikat gigi lalu usapkan pada eksterior knalpot. Sikatkan pasta gigi ini di sepanjang bagian knalpot, termasuk lehernya. Biarkan beberapa saat agar sikat gigi bereaksi mengangkat karat secara perlahan-lahan.
  3. Bilas knalpot dengan air bersih untuk menghilangkan busa pasta gigi dan kotoran yang menempel. Hati-hati saat melakukannya, jangan sampai air tersebut masuk ke lubang knalpot. Setelah itu, seka knalpot yang masih basah tersebut dengan kain lap agar cepat mengering.
  4. Pembersihan tahap kedua adalah dengan memakai pelumas oli. Caranya sangat mudah, kuaskan oli bekas ini di sepanjang bagian luar knalpot termasuk di lehernya. Boleh juga meneteskan beberapa sendok oli ke dalam lubang knalpot untuk melumasi bagian ini agar terhindar dari kerak. Diamkan beberapa saat agar oli terserap ke dalam pori-pori knalpot. Selepas itu, nyalakan mesin sepeda motor selama 2-5 menit untuk membuang sisa oli yang menempel. Jangan terkejut saat melihat knalpot berasap, sebab ini lumrah sebagai pertanda oli mengalami penguapan.
  5. Pada percobaan pertama, mungkin anda tidak akan melihat hasil yang signifikan karena metode ini memang bertujuan mengikis karat secara perlahan-lahan dan aman. Oleh karena itu, kerjakanlah petunjuk ini secara rutin setiap hari selama kurang lebih seminggu dan perhatikan hasilnya.
  6. Ketika semua karat yang menempel di knalpot sudah terkelupas semuanya, anda bisa memoles knalpot tersebut kembali dengan menggunakan cat antikarat sehingga terlindungi. Selalu teliti dan berhati-hati saat mengaplikasikan cat ini agar tidak mengotori komponen lain dan merusak keindahan sepeda motor secara keseluruhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...