Langsung ke konten utama

Nih, Cara Menghilangkan Karat Pada Sepeda Motor!

Bagaimana cara menghilangkan karat pada sepeda motor? Sebagian besar komponen-komponen penyusun sepeda motor terbuat dari besi. Oleh karena itu, sangat mungkin body kendaraan ini berkarat terutama apabila lapisan anti-karatnya sudah mulai luruh. Hal ini biasanya terjadi akibat sepeda motor sering terkena hujan dan tidak langsung dibersihkan segera. Perlu diketahui, air hujan bersifat asam sehingga dapat mengikis lapisan anti-karat secara perlahan.
Kebanyakan orang menghilangkan karat dengan menggunakan ampelas. Padahal metode ini sangat tidak dianjurkan karena bisa mengikis struktur besi, termasuk bagian-bagian motor yang sebenarnya tidak berkarat. Sayang sekali kan apabila kerangka kendaraan kesayangan anda tersebut menjadi tipis dan ringkih?

Nah, di bawah ini adalah teknik-teknik ala Pyurio yang bisa anda coba guna menghilangkan karat yang menempel pada sepeda motor :
Cairan Penghilang Karat
Teknik pertama adalah menggunakan cairan yang memang ditujukan untuk menghilangkan karat besi. Biasanya, cairan ini dijual di toko otomotif dan toko bangunan. Bentuknya berupa botol spray dengan cara pemakaian disemprotkan ke permukaan besi yang berkarat. Harga per botolnya berkisar antara Rp15.000 - Rp20.000.
Sebelum menggunakan cairan ini, sebaiknya komponen motor yang berkarat dicuci dahulu sampai bersih. Kemudian, semprotkan cairan ini tepat pada karat dan tunggu beberapa saat agar cairan bekerja. Lalu, sikat komponen tersebut sampai karat-karat yang menempel terkikis semuanya. Terakhir, jangan lupa bilas kembali dengan air bersih dan keringkan.
Asam Klorida
Untuk solusi penghilang karat yang lebih murah, anda bisa menggunakan larutan Asam Klorida (HCl). Umumnya, larutan ini dijual bebas di toko kimia dan supermarket bagian produk pembersih. Harga per kemasannya antara Rp5.000 - Rp10.000.
Sebelum menggunakan cairan ini, kenakanlah sarung tangan dan masker karena asam klorida bersifat korosif dan beracun. Tuangkan beberapa tetes larutan ini ke dalam mangkuk kecil, lalu oleskan ke komponen motor yang berkarat memakai sikat gigi. Tunggu sekitar 10-15 menit agar cairan HCl tersebut bekerja. Anda bisa menyikatnya perlahan untuk memastikan semua karat telah luntur. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan kembali.
Air Soda
Karena bersifat basa, air soda dipercaya dapat dipakai untuk menghilangkan karat. Namun air soda yang dipilih sebaiknya air yang masih murni dan belum ditambahi gula. Teknik ini paling manjur digunakan untuk membersihkan karat-karat yang menempel di bagian velg motor.
Adapun caranya masih sama seperti kedua teknik di atas. Pertama, bagian velg perlu dibersihkan dahulu dengan air sabun. Kedua, bersihkan sekali lagi velg tersebut menggunakan air soda dan gosok memakai sikat. Ketiga, bilaslah komponen motor ini sampai bersih dan lap sampai kering.
Agar komponen-komponen sepeda motor yang telah dibersihkan tidak berkarat lagi, direkomendasikan untuk mengaplikasikan cat anti-karat pada permukaan komponen tadi. Pilih warna cat yang bening atau sesuai dengan warna komponen agar keindahan sepeda motor tetap terjaga. Selamat mencobanya sendiri dan semoga berhasil!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s