Langsung ke konten utama

Mudah! Cara Memperbaiki Rem Sepeda Motor yang Macet

Bagaimana cara memperbaiki rem cakram yang macet? Pada kendaraan bermotor, rem memegang perananan yang sangat penting. Rem berfungsi untuk memperlambat laju sepeda motor dan menghentikannya. Dengan kata lain, kendaraan yang tidak dilengkapi dengan sistem pengereman yang normal akan kesulitan dalam menjaga tingkat kelajuannya secara sempurna.

Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh komponen rem cakram adalah rem tersebut tidak dapat berkerja dengan baik alias macet. Hal ini biasanya disebabkan oleh minimnya perawatan yang dilakukan pada rem, termasuk teknik pengereman yang salah, penggantian oli rem yang tidak tepat waktu, dan pembersihan sepeda motor yang keliru. Usia rem juga dapat menyebabkan kinerja sistem rem tersebut menurun dan macet sebab adanya bagian yang rusak.

cara-memperbaiki-rem-sepeda-motor-yang-macet.jpg

Rem Sepeda Motor

Sebelum menggantinya dengan yang baru, tidak ada salahnya anda mencoba memperbaiki rem yang macet tersebut. Ikuti panduan berikut ini :

Alat dan Bahan :

  • Kunci ring
  • Kompresor
  • Sikat
  • Kompon
  • Mangkuk kecil
  • Oli rem

Langkah-langkah :

  1. Posisikan sepeda motor pada standar utama/tengah agar proses perbaikan rem cakram lebih mudah dilakukan. Gunakan kunci ring yang sesuai untuk melepaskan baut as roda bagian depan. Hati-hati saat melakukan hal ini jangan sampai baut tersebut rusak. Kemudian, lepaskan roda depan dengan menariknya perlahan-lahan ke bawah.
  2. Tarik bagian kaliper rem untuk melepaskannya dari dudukan yang menempel di shock beker. Berikutnya copot kaliper dari selang rem untuk mengeluarkan oli di dalamnya dan tampung menggunakan mangkuk kecil. Hati-hati saat mengerjakan hal ini sebab oli rem tersebut bisa membuat iritasi kulit dan merusak cat sepeda motor.
  3. Tarik bagian piston dari kaliper untuk mengeluarkannya. Apabila anda kesulitan dalam melepas piston, gunakan bantuan kompresor untuk meniup lewat lubang oli rem dan mendorongnya keluar.
  4. Bersihkan piston dari kotoran dan noda memakai sikat. Untuk menghilangkan karat yang membandel, anda bisa memanfaatkan kompon. Namun jika piston mengalami goresan yang cukup dalam, gantilah dengan yang baru agar tidak menyebabkan oli rem bocor. Jangan lupa, bersihkan juga bagian silinder agar tidak ditumpuki kotoran-kotoran memakai kompon.
  5. Masukkan kembali piston ke dalam kaliper, lalu hubungkan dengan selang rem. Isi oli rem ke dalam master silinder rem dan tekan-tekan tuas rem untuk membuang udara yang terjebak di dalamnya. Pasang rangkaian sistem pengereman ini ke posisinya semula yaitu terhubung pada dudukan cakram yang menempel di shock beker. Pasang kembali roda depan dengan benar dan kuat.
  6. Lakukan ujicoba selama beberapa saat untuk memastikan pengerjaan perbaikan rem cakram tersebut membuahkan hasil yang sempurna.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s