Langsung ke konten utama

Cara Lengkap Mengiritkan Bensin pada Mobil

Semua pemilik mobil tentu ingin mengiritkan konsumsi bensin pada kendaraannya. Sebenarnya upaya untuk menghemat BBM bisa diterapkan pada semua mobil tidak peduli usianya sudah cukup tua. Selain dapat menjaga isi dompet, penghematan bensin juga memungkinkan mobil bersifat lebih ramah terhadap lingkungan.

mengiritkan-bensin-pada-mobil.jpg

Pyurio mempunyai delapan langkah jitu untuk mengiritkan konsumsi bensin pada mobil. Apa sajakah itu?

1. Jaga Performa Mobil

Mobil keluarga yang memiliki performa bagus akan meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakarnya. Manfaatnya kebutuhan bensin pun berkurang sehingga dapat mengurangi emisi dan tentu menghemat uang. Jadi pastikan Anda memeriksa kondisi mobil secara rutin karena mobil yang berperforma baik bakal meningkatkan jarak tempuhnya hingga mencapai 4 persen.

2. Teknik Berkendara yang Baik

Teknik berkendara yang Anda kuasai akan mempengaruhi tingkat efektifitas pembakaran pada mesin. Alhasil jika cara Anda dalam berkendara cukup buruk, maka imbasnya kebutuhan bensin pun semakin membengkak. Sebisa mungkin hindarilah menginjak gas secara tiba-tiba, berhenti mendadak, dan melaju dengan kecepatan tinggi. Usahakan pula untuk menghemat pemakaian AC, memarkir mobil di tempat sejuk, dan memasang kaca film.

3. Kurangi Beban yang Ditanggung Mobil

Tanpa Anda sadari, barang-barang tidak berguna yang disimpan di dalam mobil justru memperbesar beban yang harus diangkut mobil. Pengaruhnya konsumsi bensin pun naik karena kebutuhan tenaga yang dibutuhkan lebih besar. Disarankan untuk membersihkan mobil secara berkala serta menyingkirkan benda-benda yang tidak penting selain kotak P3K, ban cadangan, dan peralatan bengkel.

4. Ganti Saringan Udara Bila Perlu

Apabila saringan udara yang terletak di dalam mesin kotor, akibatnya debu dan kotoran akan menyumbat sirkulasi udara pada mesin tersebut. Hal ini menyebabkan mesin kendaraan loyo dan kehilangan tenaga. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini yaitu membersihkan saringan udara sampai tunas. Bila perlu, Anda bisa mengganti filter yang sudah rusak dengan yang baru agar performa mesin dan akselerasinya kembali membaik.

5. Periksa Kondisi Busi Kendaraan

Biasanya mobil dilengkapi dengan 4, 5, atau 6 busi yang saling berkerjasama mengalirkan energi listrik. Setiap jarak tempuh 1.000 mil sedikitnya busi-busi tersebut memercikkan listrik sampai sebanyak tiga juta kali. Maka tak heran apabila temperatur busi cepat bertambah panas dan rentan mengalami erosi. Oleh karena itu, Anda wajib mengecek kondisinya dan mengganti busi minimal sekali dalam setahun.

6. Cek Tekanan Angin pada Ban

Mobil yang dilengkapi ban bertekanan angin normal cenderung memerlukan bahan bakar yang lebih sedikit daripada mobil dengan tekanan ban rendah. Bahkan selisih penggunaannya berkisar antara 3-10 persen. Hal ini karena ban yang kekurangan angin menyebabkan tingkat akselerasinya lebih berat sehingga perlu tenaga ekstra untuk menggerakkannya.

7. Kelayakan Kondisi Tutup Bensin

Tutup bensin ternyata juga dapat mempengaruhi volume bahan bakar di dalam tangki mobil. Tutup bensin yang telah kendur, retak, atau rusak mengakibatkan bensin bisa tumpah kemana-mana. Jadi cek sekali lagi kondisi kelayakan tutup bensin yang ada di mobil kesayangan Anda.

8. Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar

Sistem bahan bakar di dalam mobil terdiri atas berbagai perangkat yang saling melengkapi. Ketika salah satu bagian mengalami masalah, maka kinerja komponen yang lainnya pun menjadi tidak maksimal. Pastikan Anda merawat saringan bensin secara teratur termasuk menjaga kebersihan bagian injeksinya. Niscaya konsumsi bensin oleh mesin mobil Anda pun kini semakin irit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l