Langsung ke konten utama

5 Penyebab Ban Belakang Motor Habis Sebelah

Apakah penyebab ban belakang motor habis sebelah? Sepeda motor tanpa ban bagaikan ikan yang tidak mempunyai sirip. Kendaraan ini hanya akan diam selamanya tanpa bisa digerakkan sama sekali. Ban menjadi landasan utama motor untuk menapak di atas permukaan jalan. Ketika ban diputar oleh mesin, saat itu pula sepeda motor akan bergerak.

Dalam menjalankan tugasnya, ban motor akan selalu bergesekan dengan permukaan jalan. Gesekan tersebut menimbulkan panas yang lama-kelamaan bisa mengikis permukaan ban. Lumrahnya permukaan ban akan gundul secara seimbang antara kanan dan kiri. Tetapi kalau habisnya ban tersebut cuma bagian sebelah saja berarti ada sesuatu yang tidak beres dengan sepeda motor Anda.

ban-belakang-habis-sebelah.jpg

Apa sih kemungkinan-kemungkinan penyebabnya?

  1. Swing Arm Bermasalah

Ini dia penyebab utama kenapa ban belakang bisa habis sebelah saja. Penyetelan swing arm dengan lengan ayun yang tidak seimbang/miring bisa mengakibatkan ban akan botak sebelah. Apabila bagian kanan ban yang dominan gundul, maka seting swing arm sebelah kanan lebih rendah. Begitu pula jika yang banyak habis adalah bagian ban sebelah kiri, artinya swing arm sebelah kiri posisinya terlalu rendah.

  1. Sasis yang Tidak Presisi

Faktor penyebab kedua ini adalah kemungkinan terburuk karena biaya perbaikannya lumayan mahal. Tanda-tandanya yaitu kedua ban sepeda motor, baik bagian depan maupun belakang, akan habis sebelah. Namun setelah dicek kondisi triangle/segitiga depan masih baik, maka sasisnya yang rusak.

  1. Shockbreaker Mati Sebelah

Kemungkinan ini hanya dikhususkan bagi sepeda motor yang dari standarnya telah dilengkapi dua buah shockbreaker. Jika ada salah satu dari shockbreaker motor tersebut yang tidak berfungsi, akibatnya bisa berimbas pada tekanan yang diterima ban. Salah satu sisi ban pun mendapatkan tekanan yang lebih besar sehingga lebih cepat habis daripada sisi yang satunya lagi.

  1. Laher Sudah Oblak

Seharusnya kalau laher sudah oblak, pengendara pasti akan langsung tahu karena proses menyetir menjadi tidak nyaman. Arah motor akan terasa sulit dikendalikan karena terus banting ke kanan atau kiri serta tidak bisa lurus stabil. Bagi pengendara yang tetap nekat menaiki motor yang kondisinya sudah begini, dampaknya juga bisa merembet ke salah satu sisi ban belakang yang akan cepat gundul.

  1. Kualitas Ban Jelek

Tidak dipungkiri masih banyak para pemilik sepeda motor yang memilih ban abal-abal. Alasannya karena harga ban dengan kualitas tidak jelas ini terpaut cukup jauh dengan harga ban orisinil. Jika sedang apes, Anda bisa mendapatkan ban abal-abal yang mutunya benar-benar buruk sehingga kualitas karet antara sisi kanan dan kirinya pun tidak sama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s