Langsung ke konten utama

Ini Dia Penyebab Setir Mobil Menjadi Liar

Para pemilik mobil kerap mengalami masalah pada bagian lingkar kemudi atau setir kendaraannya. Kendala ini berupa perasaan kurang nyaman ketika mengatur arah pergerakan mobil di jalan raya. Pada saat bermasalah, setir akan terasa begitu liar. Setir tersebut cenderung akan berputar ke kanan atau ke kiri dengan sendirinya. Bahkan sering pula komponen yang berfungsi untuk mengatur arah mobil tersebut terasa bergetar.

Tentu saja masalah ini harus segera ditangani secara tepat secepat-cepatnya. Hal ini dikarenakan kondisi setir berpengaruh besar terhadap keamanan dan keselamatan seluruh pengguna mobil. Mobil yang dibiarkan bergerak liar dan sulit dikendalikan mempunyai risiko besar mengalami kecelakaan. Jangan sampai karena ingin menghemat sejumput uang, Anda mengalami kerugian yang begitu besar.

Berikut ini penyebab-penyebab yang dapat mengakibatkan setir mobil yang tadinya normal berubah menjadi liar sehingga sulit untuk dikendalikan :

penyebab-mobil-menjadi-liar.jpg

  1. Adanya Masalah Pada Bagian Ban

Ban mobil yang bermasalah akan membuat gerakan mobil menjadi di luar kendali kita. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan spooring dan balancing pada mobil tersebut. Apabila setir berputar dengan sendirinya ke kiri atau kanan ketika tangan Anda dilepas, maka perlu dilakukan upaya spooring. Sedangkan jika setir terasa bergetar cukup kuat, Anda perlu melakukan balancing.

Spooring sangat efektif untuk mengatasi masalah pada bagian roda mobil. Berbeda dengan balancing yang cocok diterapkan untuk menangani bagian kaki-kaki mobil yang bermasalah. Selain dua cara ini, Anda juga bisa mencoba mengatasi masalah pada ban dengan menukar ban depan sebelah kiri dengan ban belakang sebelah kanan. Begitu pula dengan ban depan sebelah kanan perlu ditukar dengan ban belakang sebelah kiri.

  1. Bagian Understeel Ada yang Aus

Bagian understeel mobil mencakup kaki-kaki, termasuk bagian tierod dan long tierod. Jika bermasalah, posisi komponen ini akan berubah menjadi tidak presisi alias sama rata antara sebelah kanan dan kiri. Kadang-kadang bisa miring ke arah kanan atau ke arah kiri, tidak menentu. Akibatnya Anda pun harus selalu memegang setir. Saat sedang bermanuver pun, laju mobil seperti sulit dikendalikan dan tidak jelas arahnya.

Kenapa understeel ini bisa mengalami kerusakan seperti itu? Tidak lain adalah gaya berkendara Anda yang sangat buruk. Semakin sering Anda memacu mobil di jalan yang bergelombang, maka potensi rusaknya komponen ini rusak pun semakin besar. Solusinya Anda harus mengganti dengan yang baru lalu melakukan spooring dengan bantuan ahlinya.

  1. Sudut Roda Terlalu Keluar

Toe-out adalah istilah yang menggambarkan kondisi sudut roda mobil terlalu out. Semakin melebar sudut toe-out yang terjadi pada mobil tersebut, maka semakin liar pula keadaan setir mobil tersebut. Hal ini mengakibatkan setir mobil menjadi miring serta tidak beraturan arah gerakannya. Anda bisa mendeteksi kerusakan ini dengan merasakan kondisi setir mobil menjadi aneh dan liar saat dikemudikan. Sedangkan bila diposisikan supaya lurus, setir tersebut tetap tidak mau lurus melainkan agak ke kiri atau kanan.

Adapun penyebab utama dari masalah ini yaitu sudut geometri roda mengalami perubahan akibat penggantian komponen understeel yang tidak benar. Bisa pula disebabkan oleh mur yang berfungsi untuk mengunci posisi toe-out. Spooring merupakan jalan keluar yang paling efektif untuk mengatasi masalah ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s