Langsung ke konten utama

Cara Mudah Memasang Charger HP di Motor

Bagaimana cara memasang charger HP sepeda motor? Saat ini handphone seakan-akan sudah menjadi kebutuhan pokok manusia. Kita memerlukan handphone setiap saat untuk tetap dapat menjalin komunikasi dan terhubung dengan orang lain. Rutinitas kehidupan bakal terganggu tanpa adanya handphone di tangan kita. Hal ini tidak terlepas dari kecanggihan HP di zaman sekarang yang begitu memudahkan manusia dalam melakoni aktivitasnya.

Namun apa artinya sebatang HP kalau tidak bisa dihidupkan? Anda pasti pernah mengalami ketika sedang berada di luar rumah lalu berniat menyalakan HP. Tapi apa daya HP tersebut ternyata sama sekali tidak bisa diaktifkan karena baterainya habis. Kebetulan juga Anda lupa membawa powerbank. Teman atau kerabat pun tidak ada karena Anda bepergian hanya seorang diri. Lantas bagaimana solusinya ya?

Untuk menghindari kejadian buruk serupa menimpa Anda lagi, cobalah memasang charger HP di motor. Kami serius karena sekarang memang sudah ada produk charger khusus yang bisa dipasang dengan mudah di sepeda motor. Anda bisa membelinya di www.konimotor.com. Ini merupakan charger khusus yang sudah dirancang oleh ahlinya untuk dikoneksikan dengan aki. Jadi antara charger ini dan aki motor dapat bekerja dengan baik. Aki Anda akan tetap aman dan tidak bakal tekor.

Demikian pula dengan baterai HP yang diisi menggunakan charger ini tidak akan mengalami masalah karena benar-benar aman. Tegangan listrik yang bersumber dari aki sebesar 12V akan diubah terlebih dahulu oleh charger ini sebelum masuk ke baterai. Prinsip kerjanya kurang lebih mirip seperti lighter socket yang terdapat di dalam mobil. Untuk baiknya, proses charging sebaiknya hanya dilakukan saat kondisi mesin menyala sehingga aki tetap mendapatkan suplai listrik.

cara-memasang-charger-hp.jpg

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk memasang charger HP khusus sepeda motor ini. Cara yang pertama adalah menghubungkannya langsung ke aki motor. Meskipun pengerjaannya sangat mudah, kelemahan cara ini adalah posisi charger selalu on. Sedangkan cara yang kedua yakni menyambung charger tersebut dengan kabel kontak sehingga charger hanya akan menyala apabila kunci kontak motor dalam posisi on.

Cara Pertama

Langkah-langkah :

  1. Bukalah jok motor dengan baik, lalu keluarkan semua barang yang ada di dalam bagasi. Setelah itu, lepaskan baut yang menahan penutup aki menggunakan obeng minus.
  2. Kini aki pun sudah terlihat. Perhatikan secara teliti bahwa Ada dua kutub yang dimiliki oleh aki tersebut yaitu kutub positif dan kutub negatif.
  3. Gunakan obeng plus untuk merenggangkan posisi baut penahan kabel aki. Sambungkan kabel merah dari soket ke kutub positif, serta kabel hitam-merah dari soket ke kutub negatif.
  4. Cek sekali lagi untuk memastikan kedua kabel sudah terhubung dengan kutub yang benar dan ikatannya cukup kuat. Kemudian Anda bisa mengencangkan baut aki.
  5. Berikutnya bukalah karet penutup soket dan masukkan charger ke dalamnya. Jika lampu indikator pada charger langsung menyala berarti Anda sudah benar memasangnya.
  6. Tapi kalau lampu indikator tersebut mati, pemasangan charger masih salah. Kemungkinan besar kabel soket belum tersambung dengan kutub pada aki.
  7. Setelah semua langkah di atas beres, kini waktunya merapikan pemasangannya. Cari celah-celah yang pas untuk mengeluarkan kabel charger agar bisa masuk ke ruang bagasi tanpa terjepit penutup aki. Lantas pasang kembali penutup aki.
  8. Sekarang saatnya Anda menguji coba hasil pekerjaan yang telah dilakukan. Cobalah melakukan charging baterai HP dan lihat hasilnya.

Cara Kedua

Langkah-langkah :

  1. Mulailah dengan melepaskan kedua baut pengikat plat nomor depan, lantas lepaskan plat nomornya. Kemudian lepaskan juga baut pengikat dudukan plat nomor.
  2. Langkah berikutnya melepaskan baut pengikat bagian tebeng depan motor bagian bawah. Anda dapat menggunakan obeng plus untuk mengerjakannya.
  3. Setelah berhasil, langkah selanjutnya melepaskan baut pengikat tebeng depan motor bagian atas yang berada di dekat stang memakai obeng plus.
  4. Kemudian Anda bisa beralih dengan melepaskan baut pengikat tebeng motor bagian samping dek sebanyak tiga buah di sebelah kanan dan tiga buah di sebelah kiri.
  5. Lepaskan seluruh bagian tebeng tersebut secara hati-hati. Caranya yakni tariklah seluruh bagian tebeng depan tadi dengan perlahan-lahan sampai terlepas.
  6. Setelah itu, lepaskan soket lampu depan dan bukalah plastik penutup kabel untuk mempermudah Anda dalam melakukan pemasangan kabel charger nantinya.
  7. Cabut terlebih dahulu kabel hitam pada motor dari konektornya. Lalu sambungkan kabel hitam tersebut dengan kabel merah (+) pada charger. Selanjutnya pasang kembali kabel ini seperti semula.
  8. Berikutnya cabut kabel hijau pada motor terlebih dahulu dari konektornya. Sambungkan kabel tadi dengan kabel merah strip hitam (-) pada charger. Setelah semuanya beres, jangan lupa pasang kembali.
  9. Kini waktunya melakukan pengecekan. Cobalah putar kunci kontak motor ke posisi on. Apabila seketika lampu indikator pada charger menyala artinya Anda telah berhasil memasang charger HP motor sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l