Langsung ke konten utama

Cara Memperbaiki Ban Luar yang Robek

Bagaimana cara memperbaiki ban luar yang robek? Kita patut bersyukur karena sudah mempunyai kendaraan pribadi yang diidam-idamkan selama ini. Sebagai bentuk nyata dari rasa syukur tersebut, kita harus merawatnya dengan sepenuh hati. Ingatlah dahulu kala ketika Anda begitu menginginkan kendaraan tersebut. Jadi setelah Anda berhasil memilikinya peliharalah dengan baik supaya awet.

Salah satu bentuk perawatan yang wajib dilakukan terhadap kendaraan yang Anda miliki adalah memeriksa ban. Ban mempunyai peranan yang sangat penting sebagai media bagi kendaraan untuk berpijak dan bergerak. Karet dipilih sebagai bahan baku pembuat ban sebab memiliki tingkat elastisitas yang baik sehingga mampu meredam getaran yang timbul dari gesekan dengan permukaan jalan.

Setiap hari kita pasti melewati jalan yang kondisinya tidak selalu bagus. Terutama bila Anda tinggal di pinggiran kota yang bisa dipastikan kalau kondisi jalan rayanya tidak mulus. Ada banyak sekali jalan yang berbatu, jalan berlubang-lubang, hingga jalan yang sudah mirip seperti sungai kering karena saking jeleknya. Hal ini membuat ban luar kendaraan menjadi taruhannya. Jika tidak berhati-hati, ban tersebut bisa saja sobek akibat menghantam benda tajam.

cara-memperbaiki-ban-luar.jpg

Ada dua solusi yang dapat ditempuh manakala ban luar kendaraan Anda sobek. Solusi pertama yaitu memperbaikinya. Hal tersebut bisa dikerjakan apabila ukuran sobekan kurang dari 5 cm. Pertimbangan lainnya adalah kondisi ban luar masih cukup tebal sehingga sayang bila harus dibuang begitu saja. Tetapi kalau ukuran sobekan lebih dari 5 cm dan kondisi ban sudah tampak gundul, Anda tidak bisa memperbaikinya lagi dan harus mengganti ban luar tersebut demi keamanan.

Jika ban luar milik Anda yang sobek masih layak untuk digunakan kembali, Anda bisa memperbaikinya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini!

  1. Pilih tempat kerja yang aman. Lepaskan ban luar dari kendaraan Anda. Kerjakan dengan hati-hati supaya tidak tambah merusak ban luar tersebut.
  2. Bagian ban luar yang telah robek tadi harus dirapatkan kembali dengan mengelemnya memakai sealer. Kemudian rekatkan bagian tersebut sampai benar-benar menempel kuat.
  3. Cek sekali lagi apakah masih ada celah-celah dari sobekan ban luar yang belum berhasil dirapatkan atau tidak. Kalau masih ada, Anda bisa mengoleskan sealer lagi tepat pada bagian tersebut lalu merapatkannya.
  4. Selanjutnya kita beralih menambal permukaan ban luar sebelah dalam. Anda bisa mengaplikasikan teknik penambalan ban tip-top persis di area bekas sobekan tadi. Dengan begini, ikatan tambalan ban pun menjadi semakin kuat.
  5. Kini ban luar Anda sudah berhasil diperbaiki kembali. Pastikan terlebih dahulu bahwa tambalannya sudah mengering dan kuat. Barulah kemudian Anda bisa memasang kembali ban luar tersebut pada kendaraan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s