Langsung ke konten utama

Cara Memainkan Kopling Mobil yang Benar

Bagaimana cara memainkan kopling mobil yang benar? Kopling (clutch) pada dasarnya merupakan komponen mobil yang bertindak sebagai penghubung dan pelepas. Pada keadaan tertentu, kopling dapat menghubungkan tenaga/putaran dari mesin menuju ke transmisi. Kemudian pada kesempatan yang lain, kopling dapat melepaskan hubungan tersebut. Kopling harus senantiasa dapat bekerja secara optimal serta tidak mengalami selip dalam setiap kinerjanya.

Kopling wajib bisa menyalurkan putaran secara penuh tanpa merubahnya sama sekali. Salah satu indikasi penggunaan kopling mobil yang tidak benar ialah seringnya kopling tersebut mengalami kerusakan. Kopling yang cepat habis sehingga wajib diganti baru biasanya disebabkan teknik berkendara yang tidak baik. Anda yang asal-asalan memainkan kopling berisiko besar harus menggantinya dengan kopling yang baru secara rutin. Tentu saja ini merupakan suatu tindakan pemborosan.

Sebelum mempelajari bagaimana caranya memainkan kopling yang benar, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih bagaimana kopling bekerja. Perlu Anda ketahui, posisi kopling terletak di antara mesin dan transmisi. Kopling akan meneruskan putaran dari mesin ke transmisi (sistem penggerak). Setiap kopling biasanya terdiri dari bagian-bagian seperti plat/piringan kopling (clutch disc), matahari (cover clutch), roda gila (flywheel), dan laher kopling (release bearing).

cara-memainkan-kopling-mobil.jpg

Pada saat Anda menekan pedal kopling, hubungan yang terjadi antara mesin dan transmisi seketika akan terputus karena flywheel dan clutch plate tidak saling bersinggungan. Hal ini mengakibatkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak diteruskan ke transmisi (sistem penggerak). Kemudian setelah pedal kopling dilepaskan kembali atau tidak ditekan, maka flywheel akan terhubung lagi dengan clutch plate sehingga membuat putaran mesin dihantarkan kembali ke transmisi.

Berikut ini tata cara menggunakan kopling mobil yang benar!

  1. Tekanlah pedal kopling secara penuh setiap kali Anda menginjaknya. Tujuannya supaya keterhubungan antara flywheel dan clutch plate benar-benar dapat terpisah dengan sempurna. Hal ini akan mempermudah Anda untuk memindahkan tuas transmisi.
  2. Pindahkan tuas transmisi hanya pada saat Anda sudah berhasil menginjak pedal kopling secara sempurna.
  3. Setelah sukses memindahkan tuas transmisi, bebaskan injakan pada pedal kopling secara perlahan-lahan sambil disesuaikan dengan injakan pada pedal gas agar mobil tetap dapat berjalan dengan halus dan tidak mengalami lonjakan.
  4. Dilarang meletakkan kaki pada pedal kopling selama mobil berjalan. Jika Anda tidak mengindahkan peringatan ini, kondisi release bearing dan clutch disc bakal cepat aus.
  5. Jangan menahan setengah kopling ketika mobil bergerak merayap di tanjakan karena dapat mempercepat terjadinya kerusakan/kebakaran pada sistem dan clutch disc. Sebaiknya pakailah rem tangan untuk menahan mobil Anda saat berada di tanjakan.
  6. Hindari memainkan pedal kopling terlalu kasar, termasuk saat menginjak dan melepaskannya. Kopling yang dimainkan secara kasar mengakibatkan sentuhan clutch disk terhadap flywheel menjadi lebih keras. Dampaknya adalah sistem kopling akan cepat aus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s