Bagaimana cara menyetel platina mobil yang benar? Banyaknya mobil baru bertenaga modern saat ini tidak memudarkan pesona mobil lama. Mobil lama mempunyai kesan klasik yang luar biasa. Pesona tersebut abadi dan tidak lekang oleh waktu. Anda juga mungkin termasuk salah satu pencinta mobil lama? Jika iya, maka Anda harus merawat mobil kebanggaan tersebut dengan baik. Jangan sampai mobil mengalami kerusakan sebab harga spare part orisinalnya sangat mahal.
Mobil lama biasanya menggunakan sistem pengapian yang mengandalkan platina. Sistem pengapian tersebut memang boleh dibilang masih sangat jadul. Kebutuhan bahan bakarnya boros sekali dan tingkat emisinya pun cukup tinggi. Karena sudah berumur, kadang-kadang sistem pengapian platina ini mengalami masalah sehingga mau tidak mau Anda harus melakukan perbaikan atau penyetelan ulang. Sebelum Anda dapat menyetel platina mobil dengan benar, pelajari dulu tekniknya di bawah ini!
Berikut merupakan langkah-langkah melakukan penyetelan ulang sistem pengapian platina yang biasa terdapat di dalam mobil lama!
- Mulailah dengan membuka bagian cop delco. Lalu posisikan top mesin ke silinder pertama.
- Tempatkan posisi platina pada nok puncak/nok delco. Apabila posisi top ebonit/kaki platina belum mencapai puncak nok delco, Anda bisa menambah putaran mesin.
- Kendurkan baut pengikat platina cukup setengah atau seperempat putaran saja. Hati-hati jangan terlalu mengendurkan platina tersebut.
- Kini waktunya menyetel platina sesuai spesifikasi mobil Anda. Pakailah obeng minus untuk melakukan penyetelan. Biasanya setiap delco sudah dilengkapi tempat khusus untuk keperluan penyetelan. Tempat ini berbentuk nok/coakan dengan celah berukuran sekitar 0,45 mm.
- Setelah proses penyetelan sudah dirasakan selesai, Anda bisa melakukan finishing. Caranya yakni mengencangkan kembali baut platina seperti semula, kemudian pasang kembali cop delco ke tempat asalnya.
- Proses penyetelan platina pada saat pengapian sangat penting untuk dilakukan supaya didapatkan tune up mesin yang maksimal.
Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan penyetelan platina mobil, di antaranya :
- Aki mobil harus dipastikan dalam keadaan prima sebab proses penyetelan ini membutuhkan pemutaran mesin selama beberapa kali.
- Bukalah tutup distributor. Kemudian perhatikan kondisi permukaan platina apakah benjol atau tidak. Platina yang sudah benjol sebaiknya diganti baru beserta kondensornya.
- Putarlah kruk as/puli crank shaft dan amati noken pada bagian distributor. Hentikan putaran tadi ketika nok sudah menyentuh benjolan yang terdapat di platina.
- Proses pembongkaran harus dilakukan sesuai prosedur di atas. Begitu pula dengan pemasangannya kembali. Kesalahan dalam pembongkaran/pemasangan kembali dapat mengakibatkan korsleting listrik.
- Jarak platina bisa disetel pada kisaran 0,2-0,4 mm. Setelah semua bagiannya sudah terpasang dengan betul, Anda bisa mencoba menghidupkan kontak sambil memperhatikan letikan platina. Pekerjaan dikatakan berhasil manakala keluar percikan bunga api saat mesin mobil dinyalakan.
- Ketika mesin mobil sudah berhasil menyala, Anda bisa mengendurkan baut ukuran 10 mm yang mengunci posisi distributor pada blok mesin. Kemudian putarlah secara perlahan-lahan ke arah kanan atau kiri. Hentikan putaran setelah Anda mendengar/menemukan putaran mesin yang paling tinggi.
Komentar
Posting Komentar