Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Semut yang Bersarang di Mobil

Bagaimana cara mengatasi semut yang bersarang di mobil? Hati-hati mobil kesayangan Anda bisa menjadi sarang semut apabila kebersihannya tidak dijaga dengan baik. Kedengarannya memang seperti mustahil semut akan membuat sarangnya di dalam mobil yang notabene memiliki kondisi yang tidak ideal sebagai habitatnya. Namun fakta membuktikan kalau ada banyak sekali mobil yang telah menjadi sarang semut. Anda bisa menanyakannya langsung kepada para kerabat barangkali mobil milik mereka merupakan salah satunya.

Semut tertarik membuat tempat tinggal di rumah Anda karena ada begitu banyak makanan yang tersedia untuknya. Yap, sumber makanan tersebut berasal dari remah-remah sisa makanan dan minuman yang Anda berceceran di atas karpet atau Anda letakkan begitu saja di dalam mobil. Mula-mula hanya ada satu dua ekor semut yang memberanikan diri masuk ke mobil Anda. Tetapi lama-kelamaan gerombolan lainnya pun mulai muncul dan bertambah semakin banyak hingga akhirnya mereka memantapkan diri membuat sarang.

Dari mana semut bisa masuk ke interior mobil Anda? Tidak lain adalah dari ban. Ban merupakan bagian kendaraan yang bersentuhan langsung dengan permukaan tanah. Semut akan memanjat ban, lalu masuk ke mobil melalui setiap celah-celah yang ada. Ada pula semut yang jatuh dari pohon atau struktur bangunan yang ada di atas tempat mobil Anda terparkir. Dari sini, semut tersebut kemudian masuk melalui lubang yang ada di sela-sela jendela. Sedangkan untuk sarangnya, semut biasanya suka membuat sarang di bawah karpet, bawah jok, sela-sela dashboard, atau panel pintu karena suhunya relatif stabil.

cara-mengatasi-semut-di-mobil.jpg

Pencegahan perlu dilakukan seawal mungkin agar mobil Anda terhindar dari serangan semut. Upaya yang paling mudah dikerjakan ialah membiasakan diri untuk tidak makan dan minum di dalam mobil. Kalau pun memang kondisinya mendesak, usahakan makanan atau minuman tadi tidak tumpah/tercecer sedikit pun. Anda juga perlu melakukan pembersihan mobil secara menyeluruh minimal setiap seminggu sekali. Bersihkan semua bagian-bagian kendaraan yang tersembunyi seperti area di bawah karpet dan jok.

Sebisa mungkin hindarilah parkir di bawah pohon, khususnya pohon-pohon yang dapat menghasilkan buah yang rasanya manis. Pohon mangga, rambutan, jambu air, dan belimbing sudah pasti menjadi sarang semut. Sehingga jika Anda memarkirkan mobil di bawahnya, maka ada banyak semut yang akan berjatuhan menimpanya. Selain itu, langkah pencegahan juga dapat dilaksanakan dengan menghadirkan pengharum ruangan alami yang aromanya tidak disukai oleh semut seperti cengkih dan kopi.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membasmi semua semut yang ada di dalam mobil Anda!

  1. Gunakan Vacuum Cleaner

Memberantas semut yang bersarang di dalam mobil bisa dikatakan jauh lebih mudah dibandingkan dengan membasmi kecoa. Apalagi jika Anda sudah mempunyai vacuum cleaner atau alat penyedot debu. Dengan menggunakan alat tersebut, Anda bisa menyedot semua semut yang Anda jumpai. Kalau bisa carilah lokasi sarang semut sampai berhasil ditemukan dengan mengikuti jejaknya, lalu hisap sampai habis. Biasanya kawanan semut lain yang masih tersisa akan langsung lari tunggang-langgang akibat takut dengan Anda. Silakan Anda dapat membeli vacuum cleaner khusus untuk mobil di www.konimotor.com.

  1. Pakai Racun Semut yang Ampuh

Insting semut hanya berkutat pada makanan. Di mana ada makanannya pasti semut akan berusaha untuk mendapatkannya. Sayangnya semut kurang begitu ahli dalam membedakan mana makanan yang aman baginya dan mana pula makanan yang sudah diberi racun. Terlebih produk racun semut saat ini begitu ampuh dalam mematikan serangga pengganggu. Anda harus berhati-hati dalam mengaplikasikan racun semut di dalam mobil jangan sampai termakan oleh manusia dan binatang peliharaan.

  1. Goreskan Kapur Ajaib di Mobil

Kapur ajaib adalah kapur anti-serangga yang juga sangat ampuh dalam memberantas semut. Walaupun kapur ini cukup manjur dipakai untuk membasmi semut yang berada di dalam mobil, tetapi Anda harus mampu menahan diri. Sebab mau tidak mau Anda wajib mencorat-coret beberapa bagian mobil menggunakan kapur ajaib ini. Cobalah menggoreskan kapur ajaib ini di bagian-bagian mobil yang sering menjadi jalur perlintasan semut seperti ban, dinding, plafon, dan sambungan-sambungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l