Langsung ke konten utama

5 Tips Merawat Cat Sepeda Motor agar Tetap Kinclong

Bagaimana caranya merawat cat sepeda motor agar tetap kinclong? Tahukah anda, penampilan sepeda motor berpengaruh besar terhadap penampilan si empunya. Jika bodi kendaraan roda dua yang ditunggangi terlihat mempesona, sudah pasti pengendarannya pun akan ikut kecipratan.
Oleh karena itu, sepeda motor harus dirawat dengan baik agar daya tarik catnya bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah mengelupas. Tetapi, bagaimana caranya?
1. Parkir di Tempat yang Terlindungi Atap
Terik matahari mampu memudarkan lapisan cat sepeda motor sehingga tampilannya terlihat kusam. Begitupun dengan air hujan yang sanggup membuat beberapa bagian motor berkarat dan akhirnya keropos. Sebisa mungkin, letakkanlah motor kesayangan anda di tempat yang teduh dan terlindungi. Jika memungkinkan, carilah tempat parkir yang dilengkapi atap peneduh dan hindari menaruh kendaraan di tempat terbuka dalam waktu lama.

2. Hindari Memasang Stiker
Sebenarnya, memasang stiker kurang baik bagi keberlangsungan cat sepeda motor anda. Selain karena akan menimbulkan bekas, lapisan pelindung cat juga akan ikut terlepas saat anda mencopot stiker-stiker tersebut. Hasilnya cat yang terkuas di bodi motor pun menjadi tidak terlindungi dan akhirnya mudah luntur. Jadi, jangan biasakan menempeli sepeda motor anda dengan stiker lagi ya!
3. Gunakan Shampo Khusus
Ketika anda berniat membersihkan sepeda motor, selalu pakai shampo khusus. Jangan pernah sekalipun menggunakan deterjen, sabun colek, atau shampo rambut karena sifat zat-zat kimia yang menyusunnya terlalu keras dan tidak cocok dengan karakteristik cat motor. Perlu diketahui, deterjen sulit terlarut di dalam air sehingga butiran-butirannya bisa melukai body kendaraan apabila anda bersikeras menggunakannya. Walaupun berharga lebih mahal, shampo sepeda motor terbukti lebih aman dipakai untuk membersihkan kendaraan roda dua karena disusun oleh zat-zat kimia yang sesuai.
4. Hindari Menggunakan Cairan Pengkilap
Cairan pengkilap sepeda motor memang sangat ampuh membuat bodi sepeda motor anda mengkilap seketika. Namun di balik kemampuannya itu, komposisi cairan ini terdiri dari zat-zat kimia yang bersifat sangat keras. Sehingga jika anda menggunakannya terlalu sering, justru berakibat pada cat motor anda yang akan cepat luntur dan memudar.
5. Pastikan Benar-benar Kering
Setelah proses pencucian sepeda motor selesai, jangan lupa untuk mengeringkannya sampai benar-benar kering. Bukan tidak mungkin komponen motor yang masih lembab akan ditumbuhi jamur dan kutu. Bahkan apabila permukaan yang masih basah tersebut terkena cahaya matahari, catnya lambat-laun akan melepuh. Perlu diketahui, sifat embun air mirip seperti kaca lup yang bisa memusatkan cahaya di satu titik dan menguatkan panasnya. Ketika sepeda motor yang masih basah diletakkan di tempat yang terik, hal ini bisa diumpamakan dengan menyulutnya menggunakan api kecil dalam jumlah banyak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l