Langsung ke konten utama

7 Tips Aman Berkendara dengan Sepeda Motor

Bagaimana tips aman berkendara sepeda motor? Kebanyakan orang saat ini cenderung mengandalkan kendaraan roda duanya untuk bepergian ke mana-mana. Sepeda motor dinilai lebih efektif, praktis, ekonomis, mudah dikendarai, dan sanggup menerjang berbagai kondisi jalan.
Namun di sisi lain, kasus kecelakaan lalu lintas paling banyak dialami oleh para pengendara sepeda motor. Hal ini menandakan, untuk mengendarai sepeda motor diperlukan kehati-hatian yang lebih tinggi agar tetap aman dan selamat sampai tiba di tempat tujuan. Di bawah ini adalah kiat-kiat dari Pyurio bagaimana tips aman berkendara sepeda motor!

1. Pastikan Sepeda Motor dalam Kondisi Baik
Sebelum menggunakan sepeda motor kesayangan anda, biasakan mengecek kondisinya terlebih dahulu. Pastikan kendaraan beroda dua tersebut dalam keadaan baik dan layak dikemudikan. Mulailah dengan memeriksa kondisi rem, memastikan roda bertekanan angin pas dan tidak rusak, serta mengecek lampu utama dan sein dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Jangan lupa, periksa juga volume bensin sepeda motor dan pastikan mencukupi untuk bekal menempuh perjalanan anda. Sesaat sebelum mesin dijalankan, disarankan pula mengatur kembali posisi kedua kaca spion agar terpasang dengan tepat.
2. Kenakan Pakaian yang Aman dan Terlindungi
Hindari mengendarai sepeda motor dengan mengenakan pakaian yang terbuka dan tanpa perlengkapan keamanan. Hal ini disebabkan karena anda tidak terlindungi dengan baik sehingga memicu potensi kerusakan yang lebih besar apabila terjadi kecelakaan. Oleh sebab itu, kenakan lah pakaian-pakaian yang sanggup mendukung keamanan dan kenyamanan anda selama berkendara. Di antaranya yaitu helm, masker, jaket, sarung tangan, celana panjang, kaos kaki, dan sepatu. Ingat, selalu kaitkan tali pengikat helm dengan benar agar helm tersebut tidak terjatuh saat terjadi kemungkinan yang terburuk.
3. Berkendara dengan Sikap dan Posisi yang Baik
Pada dasarnya, sepeda motor didesain untuk dikendarai oleh dua orang dan bukan ditujukan sebagai alat pengangkut barang. Sikap yang benar dalam mengendarai sepeda motor adalah badan tegak, pandangan lurus ke depan, lutut dirapatkan, dan bersikaplah rileks. Hindari mengangkat kaki dan menumpangkannya ke tempat lain karena akan berakibat pada kesulitan anda untuk mencegah kecelakaan secara mendadak. Cobalah mengerem sekali-kali untuk mempertahankan tingkat kelajuan sepeda motor sesuai yang anda kuasai.
4. Pertahankan Jarak Berkendara agar Tetap Aman
Agar tetap aman selama berkendara, jagalah posisi sepeda motor anda memiliki jarak tertentu dengan kendaraan di depan dan belakangnya sesuai kecepatan pada saat itu. Semakin tinggi kecepatan pergerakan sepeda motor anda, maka semakin jauh juga jarak yang harus disediakan di antara kendaraan-kendaraan di sekelilingnya. Oleh karena itu, sebagai pengendara anda perlu memahami kondisi lalu lintas agar dapat menyesuaikan jarak yang harus dibuat. Seringkali sikap tidak sabar dan ingin saling mendahului justru berakibat pada timbulnya kecelakaan lalu lintas secara beruntun.
5. Selalu Bersikap Hati-hati dan Waspada
Semahir apapun kemampuan berkendara anda, potensi timbulnya kecelakaan lalu lintas masih mungkin terjadi. Sebab dalam berlalu lintas, bukan hanya anda saja yang menggunakan jalan, melainkan banyak orang. Bisa jadi ketika anda sudah teliti dan bersikap dengan baik, keteledoran orang lain justru mencelakakan anda. Tidak mau kan hal ini terjadi? Itu sebabnya, selalu berhati-hati dan tetap waspada selama berkendara. Biasakan mengemudikan sepeda motor dengan cermat, dan beristirahatlah sejenak apabila anda sudah merasa lelah.
6. Taati Seluruh Rambu-rambu Lalu Lintas
Jadilah pengendara yang baik dengan mentaati seluruh rambu-rambu lalu lintas di jalan raya. Selalu perhatikan arah depan dan pengendara di sekeliling anda. Jika ingin berbelok, jangan lupa nyalakan lampu sein sesuai arah yang dituju dan matikan setelah berada di posisi yang benar. Disarankan kepada seluruh pengendara sepeda motor di Indonesia untuk selalu menggunakan jalur lambat.
7. Berdoa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
Baik sebelum, selama, dan setelah sampai tujuan, sebaiknya anda selalu memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi perlindungan dan keselamatan. Jaga selalu kondisi emosional anda agar terkontrol dengan baik dan tidak terpancing oleh sikap ugal-ugalan pengendara motor lain. Yang tak kalah penting juga, jadilah pelopor keselamatan berkendara di jalan raya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l