Langsung ke konten utama

Ingat, Ini Tips Memilih Kaca Spion Sepeda Motor

Tanpa Anda sadari, kaca spion merupakan salah satu komponen terpenting bagi sepeda motor. Kaca spion membantu Anda mengenali keadaan lalu lintas sekitar dengan cepat, terutama kondisi jalan raya di belakang Anda. Itulah kenapa kaca spion berpengaruh besar terhadap keselamatan Anda selama mengendarai sepeda motor.
Tahukah Anda, kewajiban memasang kaca spion untuk semua kendaraan bermotor diatur dalam UU No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pelanggaran terhadap undang-undang tersebut akan dikenai sanksi berupa denda dengan nilai maksimal sebesar Rp250.000. Tentu, maksud peraturan ini sangat baik demi menjaga tertib berlalu lintas serta menjamin keamanan dan kenyamanan Anda di jalan raya.
Mengingat fungsinya yang krusial sekali, pemilihan kaca spion tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Anda harus menomorsatukan faktor keamanan dan faktor keselamatan yang melabeli produk spion tersebut. Tidak ada salahnya juga memperhatikan faktor estetika spion untuk meningkatkan style sepeda motor kesayangan Anda.

Di bawah ini merupakan tips-tips ala Pyurio dalam pemilihan kaca spion kendaraan sepeda motor yang tepat!
1. Pilih Kaca Spion dengan Sudut Pandang Luas
Semakin luas sudut pandang spion dalam memantulkan bayangan di belakang motor Anda semakin bagus. Kenapa? Alasannya sebab Anda bakal mengetahui lebih baik kondisi real jalan raya di sekitar. Kaca spion yang demikian biasanya memanfaatkan kaca jenis konvex mirror yang mempunyai permukaan lebih cembung daripada biasanya. Sebaliknya hindari menggunakan kaca spion dengan luas permukaan yang terbatas.
2. Kalau Bisa Pakai Handle Spion yang Lebar
Disarankan juga memilih kaca spion yang memiliki tangkai lebih panjang daripada biasanya. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga dari kemungkinan kejadian yang paling buruk. Jadi ketika Anda tanpa sengaja bersenggolan dengan sepeda motor di samping, bagian spion yang pertamakali akan rusak sehingga Anda bisa mengendalikan kembali laju sepeda tersebut. Coba bandingkan jika setang motor lah yang berbenturan, gerak sepeda pun seketika akan sulit dikendalikan.
3. Perhatikan Budget Anggaran yang Dimiliki
Di pasaran tersedia beragam kaca spion mulai dari harga yang termurah hingga paling mahal. Namun yang paling penting, harga tidak sepenuhnya menjamin kualitas spion tersebut. Tidak jarang spion yang dibandrol cukup murah justru lebih sesuai dengan spesifikasi kendaraan roda dua Anda. Aspek ketelitian dalam menentukan kaca spion yang pas sangat dibutuhkan di sini.
4. Boleh Pilih Kaca Spion Variasi, Tapi
Semua pemilik sepeda motor pasti menginginkan tunggangannya tersebut memiliki tampilan yang menarik. Nah, salah satu cara untuk merubah desain motor terlihat berbeda dari yang lain yaitu memasang kaca spion variasi. Sah-sah saja membeli kaca spion yang mempunyai desain sesuai selera Anda. Namun tetap utamakanlah tingkat keamanan yang dimilikinya.
5. Hindari Menggantungkan Helm di Kaca Spion
Meskipun poin ini tidak termasuk teknik dalam pemilihan kaca spion tetapi Anda juga perlu memperhatikannya. Sebab apabila kebiasaan kurang baik ini terus berlanjut, lambat laun spion Anda yang akan menjadi korban. Perlu diketahui, spion tidak dirancang untuk menopang beban. Kaca spion yang terus-menerus menahan helm akan cepat kendur dan dapat mengganggu kenyamanan berkendara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s