Langsung ke konten utama

Kenapa Motor Tidak Bisa Distarter?

Apakah penyebab sepeda motor tidak bisa distarter? Kita membutuhkan kendaraan bermotor untuk membantu mobilitas sehari-hari. Dari semua jenis kendaraan yang ada, sepeda motor masih menjadi pilihan yang terbaik. Kenapa? Sebab kendaraan roda dua ini terkenal akan kegesitannya. Kita bisa melewati jalanan dalam kondisi apapun menggunakan sepeda motor.

Sepeda motor pun sangat mudah untuk dikendarai. Anda yang mungkin saat ini belum bisa mengendarai motor, cobalah beranikan diri untuk mempelajarinya. Kami yakin cukup sehari saja Anda sudah bisa menaiki kendaraan yang satu ini. Hal ini tidak terlepas dari gampangnya prosedur yang perlu dilakukan untuk menghidupkan mesin sepeda motor. Anda cukup menekan tombol starter di setang sebelah kanan, maka mesin pun otomatis akan langsung menyala.

Namun kadang-kadang sepeda motor yang usianya sudah tua agak sulit untuk dihidupkan mesinnya memakai starter elektrik. Meskipun Anda sudah menekan tombol starter ini berkali-kali, mesin tetap saja tidak kunjung hidup. Kalau sudah begini, Anda harus menggunakan starter manual/engkol yang cukup merepotkan untuk menyalakan mesin motor tadi. Jika Anda memaksa untuk terus menekan tombol starter tadi, justru sistem kelistrikan motor tersebut bisa rusak.

motor-tidak-bisa-distarter.jpg

Kenapa sih motor tidak bisa dinyalakan menggunakan starter elektrik? Apakah penyebab-penyebab yang sebenarnya?

  1. Aki Sudah Kadaluwarsa

Aki adalah tempat penyimpanan energi listrik. Untuk dapat bekerja, starter elektrik membutuhkan energi listrik yang tersimpan di dalam aki. Bila aki sudah kadaluwarsa, di mana energi listrik di dalamnya sudah habis, starter pun tidak mampu berfungsi. Untuk itulah, Anda sebaiknya menge-charge ulang aki tersebut atau menggantinya dengan yang baru.

  1. Kerusakan Pada Part Starter

Sistem starter elektrik pada sepeda motor terdiri atas serangkaian komponen-komponen elektronik yang saling bekerja sama. Jika ada salah satu komponen yang rusak, maka sistem ini pun tidak mungkin bisa digunakan. Tanda-tanda adanya kerusakan pada bagian ini yaitu starter kadang-kadang bisa dipakai, tetapi di lain waktu sama sekali tak berfungsi.

  1. Busi yang Tidak Normal

Busi memiliki peranan penting untuk mendukung proses menghidupkan mesin sepeda motor. Tugas busi adalah menghantarkan listrik/bunga api yang dihasilkan oleh koil ke ruang bakar. Tetapi kalau busi sudah tidak normal, tidak ada part yang menjalankan tugas tersebut.

  1. Bensin Tidak ke Karburator

Seharusnya bensin langsung naik ke karburator begitu sepeda motor dinyalakan. Namun jika bensin tidak bisa naik, maka mesin pun tidak mungkin bisa hidup. Penyebab-penyebab dari masalah ini antara lain terganggunya selang vakum, selang karburator macet, selang bensin mampat, atau karburator kotor.

  1. Air Masuk Sistem Pembakaran

Sistem pembakaran pada motor tidak mungkin bisa berlangsung apabila motor tersebut kemasukan air. Biasanya air ini masuk melalui tangki bensin, karburator, atau knalpot. Kejadian ini biasa disebut sebagai water hammer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l