Langsung ke konten utama

Nih, Penyebab Oli Mesin Motor Bocor!

Apa sih penyebab oli mesin bocor pada sepeda motor? Komponen-komponen yang menyusun kendaraan berusia tua biasanya sudah menurun kualitasnya. Termasuk pula semua komponen yang membentuk mesin sepeda motor tersebut. Akibatnya yaitu tenaga mesin menjadi loyo. Bahkan susunan komponen mesin yang terlalu longgar bisa menyebabkan oli di dalamnya merembes keluar. Masalah ini harus lekas ditangani sebelum oli mesin habis.

Di bawah ini faktor-faktor yang paling sering menyebabkan oli mesin pada sepeda motor menjadi bocor yaitu :

PACKING SUDAH RUSAK

Oli yang merembes dari sela-sela mesin motor sering ditimbulkan oleh kondisi packing-nya yang sudah tidak bagus. Timbul celah-celah kecil di antara susunan packing yang sudah aus tersebut sebagai jalur merembesnya oli. Solusinya sangat mudah tetapi membutuhkan biaya yang tidak sedikit sebab Anda perlu mengganti packing yang telah tidak layak pakai tadi dengan produk yang baru.

oli-mesin-motor-bocor.jpg

BAUT PENUTUP AUS

Rembesan oli juga bisa keluar melalui sela-sela baut yang menutupi lubang keluar tabung penyimpan oli di mesin. Penyebabnya yaitu baut tersebut sudah rusak, aus, atau gundul sehingga menyebabkan timbulnya celah sempit. Untuk sementara waktu, Anda bisa melilitkan benang atau selotip pipa di baut tersebut agar rapat kembali. Kemudian setelah menemukan toko spare part segeralah ganti memakai baut baru.

SEAL MENGALAMI RETAK

Oli juga bisa bocor karena seal yang sudah retak/pecah. Rusaknya seal ini biasanya terjadi karena terus-menerus terkena mesin yang suhunya terlalu panas (overheat) sehingga menyebabkan strukturnya kaku dan mudah pecah. Cara mengatasinya yakni cukup mengganti seal bagian luarnya saja agar fungsinya bisa normal kembali. Harga seal sepeda motor ini cukup bervariasi mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribuan.

MESIN TERLALU PANAS

Anda menyadari kalau oli mesin cepat habis padahal sama sekali tidak ada kebocoran yang timbul? Ini merupakan salah satu pertanda bahwa mesin tersebut mengalami gejala-gejala overheat. Penyebab motor cepat panas antara lain pemakaian oli yang salah, mesin sudah mengalami bore up, tidak dilengkapi alat pendingin, banyaknya komponen yang telah aus, dan lain-lain. Segeralah atasi masalah ini sesuai dengan sumber masalahnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l