Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Baut Karburator yang Dol

Bagaimana cara mengatasi baut karburator yang dol? Karburator memegang peranan yang sangat penting pada kinerja sebuah kendaraan bermotor. Apabila tingkat kevakuman pada mangkuk karburator menurun secara drastis, imbasnya dapat dirasakan pada kinerja sistem pengabutan yang menjadi tidak stabil. Dampak yang lebih jauh juga akan mengakibatkan suplai campuran gas menjadi kurang optimal serta tingkat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Perlu diketahui, mangkuk karburator merupakan tempat penyimpanan bahan bakar untuk sementara waktu sebelum didistribusikan ke bagian venturi. Ciri-ciri mangkuk karburator yang bocor antara lain kondisi karburator sering dipenuhi bahan bakar, susah melakukan stasioner, pemakaian bahan bakar meningkat tajam, serta tarikan mesin menjadi lemah. Kondisi tersebut akan membuat tingkat kenyamanan dalam mengendarai sepeda motor semakin berkurang.

mengatasi-baut-karburator-dol.jpg

Faktor yang paling sering menyebabkan timbulnya kebocoran pada mangkuk karburator yaitu posisi baut penguncinya kurang rapat, slek, atau dol. Hal ini biasanya dipicu oleh kebiasaan Anda dalam memodifikasi kendaraan tidak dibarengi dengan pembekalan tata cara pengerjaan yang benar. Akibatnya proses bongkar pasang komponen-komponen kendaraan pun dilakukan secara sembarangan. Salah satunya ialah pemasangan baur karburator yang tidak benar.

Beruntung jika Anda masih bisa memperbaiki posisi pemasangan baut karburator yang longgar dengan melepaskan dan mengencangkannya kembali. Tetapi jika baut tersebut sudah dol, maka Anda tidak mungkin akan bisa mengencangkannya lagi. Solusinya adalah melepaskan baut yang telah dol, lalu menggantinya dengan baut lain yang baru.

Berikut ini langkah-langkah kerja yang perlu Anda lakukan :

  1. Siapkan baut pengganti yang baru. Usahakan pilihlah baut pengganti yang mempunyai permukaan drat yang lebih kasar serta ukurannya lebih panjang, tetapi diameter dratnya sama seperti baut yang lama.
  2. Baut lama yang sudah dol biasanya akan sulit sekali dilepaskan. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan kunci khusus untuk membuka baut yang dol tersebut. Anda juga bisa memukul baut tadi secara perlahan-lahan agar kepalanya berputar dari kanan ke kiri.
  3. Masukkan baut pengganti tersebut tepat pada lubang drat yang telah dol. Pastikan ujung baut pengganti ini bisa tembus ke dalam lubang sampai terlihat lagi di ujung lubang yang lainnya.
  4. Setelah dirasakan posisi pemasangan baut sudah benar, kini saatnya untuk mengencangkannya. Agar baut terpasang dengan ikatan yang kuat, Anda bisa memasukkan mur pengikat terlebih dahulu ke ujung baut tersebut. Barulah kemudian kencangkan baut tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s