Langsung ke konten utama

Mengatasi Mesin Motor Matic Berbunyi Kasar

Bagaimana cara mengatasi mesin sepeda motor matic yang berbunyi kasar? Semua pengendara motor matic tentu menginginkan kendaraan yang digunakannya terasa nyaman. Pergerakan motor matic tersebut terasa mulus dan suara mesinnya pun sangat lembut. Namun seiring dengan bertambahnya usia pemakaian kendaraan, motor matic yang semula terasa enak dikendarai menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Salah satunya yaitu bagian CVT-nya berbunyi klotok-klotok.

Ada banyak faktor penyebab timbulnya bunyi klotok-klotok pada bagian CVT sepeda motor. Tetapi kebanyakan sumber masalah tersebut yaitu lapisan kuningannya sudah aus atau tumpal, terutama di bagian sisi luarnya. Untuk memperbaikinya tidak terlalu sulit kok. Bahkan Anda bisa membetulkannya sendiri. Hitung-hitung belajar ilmu mekanik secara autodidak, iya kan?

mengatasi-mesin-motor-matic.jpg

Berikut ini panduan dari Pyurio yang bisa Anda coba praktekkan pada sepeda motor matic yang tengah bermasalah :

Alat dan Bahan :

  • Tang sepi
  • Kertas
  • Palu
  • Laher/Bearing

Langkah-langkah :

  1. Siapkan tang sepi atau ring pengunci bearing. Pakailah alat tersebut untuk melepaskan sepi.
  2. Setelah berhasil dilepaskan, Anda bisa mengambil kertas yang sudah dibasahi memakai air. Nantinya kertas ini dapat digunakan untuk membantu melepaskan bearing di dalam CVT.
  3. Caranya yaitu masukkan kertas tadi ke bagian lubang tengah bearing. Kemudian ketuklah menggunakan palu secara perlahan-lahan sampai kertas tersebut tertanam ke dalamnya. Lakukan proses pengetukan ini berulang-ulang hingga posisi bearing berhasil diangkat.
  4. Anda sebaiknya mengganti bearing yang lama tadi dengan bearing/laher yang baru untuk mengembalikan kondisi mesin motor. Pastikan produk bearing/laher yang Anda beli benar-benar orisinal sehingga kualitasnya terjamin. Jangan lupa pilih produk bearing/laher yang memiliki kode sesuai dengan keterangan di sisi bearingnya.
  5. Pasanglah bearing/laher pada posisi yang tepat. Periksa sekali lagi untuk memastikan pemasangannya sudah dilakukan dengan benar. Barulah kemudian Anda bisa mengujicoba hasil pekerjaan Anda dengan menghidupkan mesin motor. Coba bawalah sepeda motor matic tersebut berkeliling komplek perumahan untuk meyakinkan bahwa suara mesinnya sudah terdengar lembut kembali.

Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...