Langsung ke konten utama

Bagaimana Cara Merawat Sepeda Motor Matic yang Benar?

Apakah anda membutuhkan kiat-kiat merawat sepeda motor matic? Di Indonesia, sepeda motor matic kini mendominasi jalan raya. Motor matic dinilai lebih mudah, simple, dan praktis dioperasikan karena cukup menarik tuas gas tanpa perlu mengganti gigi maupun mengatur kecepatan. Kesimpulannya, dengan memakai sepeda motor jenis matic, pengalaman berkendara pun menjadi lebih menyenangkan.
Pada dasarnya, bentuk perawatan untuk sepeda motor matic tidak jauh berbeda dengan merawat sepeda motor jenis bebek dan sport. Yang terpenting, anda harus rajin merawatnya secara rutin agar performa motor terjaga dan usia pakainya semakin lama. Berikut kiat-kiat untuk merawat sepeda motor matic ala Pyurio :

Kiat 1 : Panaskan Mesin Sepeda Motor
Mesin sepeda motor harus dipanaskan setiap hari agar komponen-komponennya tetap bekerja dan terlumasi dengan baik. Pemanasan mesin idealnya dilakukan selama 3-5 menit. Nyalakan mesin kendaraan dan biarkan selama beberapa saat tanpa perlu menarik tuas gas. Kondisi mesin yang menyala akan memicu oli menyebar ke seluruh permukaan onderdil dan melindunginya.
Kiat 2 : Lakukan Servis Secara Rutin
Ibarat merawat diri sendiri, merawat sepeda motor harus dilakukan dengan sepenuh hati. Motor perlu diservis secara teratur untuk mengecek kondisinya dan memperbaiki kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi. Servis sepeda motor dilakukan minimal setiap 2.000 km sekali atau sekitar 2 bulan penggunaan. Untuk motor matic, servis yang perlu diperhatikan meliputi pengecekan busi, tekanan angin ban, rem, karburator, dan ketegangan v-belt. Selalu pakai sparepart asli agar kualitasnya lebih terjamin.
Kiat 3 : Ganti Oli Sepeda Motor
Oli berpengaruh besar terhadap kondisi sparepart di dalam mesin sepeda motor. Setelah pemakaian dalam waktu tertentu, kualitas oli akan menurun sehingga perlu diganti. Gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin sepeda motor matic anda. Tidak hanya oli mesin, ganti juga oli garden setiap kali anda melakukan servis sepeda motor. Panduan mengganti oli motor sendiri bisa anda temukan di sini.
Kiat 4 : Atur Kecepatan Motor dengan Stabil
Memang benar, mengendarai sepeda motor matic terasa sangat mudah karena hanya tangan yang berfungsi mengatur kecepatan motor. Namun untuk menjaga performa mesin dan menghemat bahan bakar, berkendaralah dengan stabil. Pertahankan kecepatan sepeda motor selama beberapa waktu dan ubah posisi gas secara perlahan jika anda ingin mempercepat atau memperlambat laju kendaraan.
Kiat 5 : Bersihkan Ruang Pembakaran
Ruang pembakaran di mesin seringkali luput diperiksa karena letaknya yang rumit. Padahal bukan tidak mungkin komponen ini juga kemasukan kotoran dan terkena karat. Oleh karena itu, jangan lupa cek juga kondisi seal, klep, klep km, piston, dan ring piston. Jika komponen-komponen penting ini bermasalah, akibatnya oli susah merembes ke ruang bakar. Jadi, bersihkan seluruh onderdil ini secara rutin untuk menghindari menurunnya performa sepeda motor yang dapat menyebabkan mesin mogok.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s