Langsung ke konten utama

Cara Bersihkan Lampu Motor yang Kusam dan Kotor

Bagaimana cara membersihkan lampu sepeda motor yang kusam, kotor, atau berembun? Setiap pemilik kendaraan bermotor wajib merawat kendaraannya dengan benar agar kondisinya terjaga. Sepeda motor yang kurang mendapatkan perawatan maka kemungkinan besar performa dan penampilannya akan menurun.
Tak terkecuali dengan lampu sepeda motor. Bentuk casing-nya yang rumit mengakibatkan komponen lampu ini jarang sekali dibersihkan. Itu sebabnya, lampu pun terlihat kusam dan sinarnya tampak buram. Malahan jika lampu kemasukan embun dan tidak segera diseka, hal ini dapat menimbulkan konsleting.

Tapi jangan khawatir, berikut ini kami berikan panduan membersihkan lampu sepeda motor!
  • Pertama, lepaskan batok penutup lampu dari bodi sepeda motor. Biasanya anda perlu membuka penutup di bagian setang atau fairing terlebih dahulu sebelum dapat melepaskan batok rumah lampu. Lakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan goresan pada casing kendaraan bermotor.
  • Kedua, lepaskan bohlam lampu dari viting kemudian letakkan di tempat yang aman. Sediakan air hangat, sabun cuci piring, dan spons untuk dipakai membersihkan lampu.
  • Ketiga, gunakan air sabun untuk membersihkan reflektor lampu pertamakali. Setelah itu, bersihkan bagian luar lampu dan sela-selanya menggunakan sikat gigi bekas sampai bersih. Jangan lupa untuk membilasnya kembali dengan air mengalir.
  • Keempat, jemur batok lampu yang telah dicuci tadi di bawah sinar matahari. Berikutnya oleskan sealant pada sambungan mika dan reflektor setelah batok benar-benar kering.
  • Kelima, diamkan batok lampu selama beberapa saat supaya sealant mengering sempurna. Terakhir, pasang kembali bohlam dan batok lampu seperti semula. Lakukan pengecekan untuk memastikan lampu tetap dapat menyala normal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s