Langsung ke konten utama

Cara Memperbaiki Klakson Motor yang Tidak Bunyi

Bagaimana cara memperbaiki klakson sepeda motor yang tidak bunyi? Pada kendaraan bermotor, klakson berguna sebagai pemberi peringatan terhadap pemakai jalan lain melalui bunyinya yang nyaring. Agar komponen penting ini selalu berfungsi dengan baik, anda wajib merawatnya secara berkala.
Permasalahan utama yang acapkali menimpa klakson motor adalah klakson tersebut mengeluarkan suara pelan, bahkan tidak berbunyi sama sekali. Pada dasarnya, ada beberapa penyebab dari matinya suara klakson kendaraan. Dan berikut ini merupakan penjelasan kemungkinan-kemungkinan penyebab klakson motor tidak berbunyi dari Pyurio disertai panduan memperbaikinya!

Kemungkinan 1 : Aki Motor Telah Soak
Perlu diketahui, tenaga yang dibutuhkan oleh klakson untuk mengeluarkan bunyi bersumber dari listrik yang tersimpan di aki. Jika aki telah soak, maka aki pun tidak dapat menyimpan energi listrik. Otomatis klakson juga tidak memiliki tenaga yang cukup untuk mengeluarkan bunyi. Perbaikannya bisa dilakukan dengan mengganti aki yang sudah rusak tersebut dengan aki baru.
Kemungkinan 2 : Kabel Klakson Terlepas
Penyebab kedua yang mungkin mengakibatkan klakson tidak berbunyi adalah kabel klakson tersebut ada yang terlepas sehingga sistemnya tidak dapat bekerja dengan baik. Pemasangan baut platina di belakang klakson juga bisa mematikan bunyi klakson sepeda motor. Pengecekan secara menyeluruh diperlukan untuk mengatasi penyebab ini dan segera perbaiki sistem pengkabelan klakson yang kurang tepat.
Kemungkinan 3 : Sakelar Klakson Berkarat
Sakelar klakson yang berkarat atau kotor juga bisa menyebabkan klakson tidak bekerja sama sekali. Seperti kita tahu, fungsi sakelar adalah menyambung arus listrik yang terputus. Klakson tidak bisa berbunyi ketika sakelar tidak mampu menyambungkan kembali arus listrik rangkaiannya. Cobalah lepas sakelar tersebut lalu bersihkan dengan menggunakan cairan anti karat. Kemudian pasanglah sakelar seperti semula dan lakukan ujicoba.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...