Langsung ke konten utama

Merawat Sepeda Motor Injeksi, Nih Caranya!

Bingung bagaimana caranya merawat sepeda motor injeksi? Kebanyakan motor saat ini hadir dengan kelengkapan berupa sistem injeksi. Tidak seperti sistem karburator, penerapan sistem injeksi diklaim mampu mengefektifkan penggunaan bahan bakar. Hasilnya, emisi yang dilepaskan ke udara pun semakin berkurang.
Karena merupakan teknologi yang paling baru, beberapa orang mengaku kebingungan dalam merawat sepeda motor injeksinya. Tapi anda tak perlu khawatir. Berikut ini adalah tips-tips Pyurio dalam merawat sepeda motor injeksi yang benar :

Gunakan BBM dengan RON di atas 90
RON (Research Octane Number) adalah suatu angka yang menyatakan nilai oktan yang terkandung di dalam suatu bahan bakar. Semakin tinggi nilai oktan pada suatu bahan bakar, maka semakin sulit pula bahan bakar tersebut terbakar. Pada sepeda motor injeksi, umumnya pihak pabrikan menyarankan penggunaan bahan bakar dengan nilai oktan lebih dari 90 seperti pertalite, pertamax, dan pertamax plus. Agar tidak keliru, baca kembali buku panduan sepeda motor anda.
Jangan Biarkan Tangki Bahan Bakar Kosong
Saat ini, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) tersebar di mana-mana. Namun sebagai manusia ada kemungkinan kita terlupa mengisi bahan bakar, sehingga mengendarai motor sampai bahan bakarnya habis sama sekali. Jika hal ini terjadi, akibat yang paling fatal adalah fuel pum terbakar. Jadi, biasakan memeriksa dengan teliti volume bahan bakar kendaraan anda sebelum menggunakannya.
Periksa Kondisi Aki Sepeda Motor
Pada sepeda motor injeksi, aki memiliki kontribusi yang besar terhadap kinerja sepeda motor. Aki akan mempengaruhi kontrol elektrik motor ini. Jika timbul ketidakstabilan pada aki, akibatnya performa sistem injeksi pun bakal menurun.
Hindari Penambahan Aksesoris Secara Berlebihan
Boleh-boleh saja anda memodifikasi sepeda motor selagi dalam batas kewajaran. Pasalnya, terlalu banyak memasang aksesoris listrik justru akan memaksa aki bekerja keras. Tentu saja aki pun jadi mudah rusak dan tekor. Oleh sebab itu, hindari memasang terlalu banyak aksesoris khususnya bila anda ingin sepeda motor tetap awet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...