Langsung ke konten utama

Mau Mudik? Ikuti Tips Lengkap Merawat Sepeda Motor Ini

Butuh tips merawat sepeda motor yang dipakai untuk mudik lebaran? Tak terasa, Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Kebiasaan masyarakat Indonesia adalah merayakan lebaran di kampung halaman, atau dikenal dengan istilah mudik.
Salah satu pilihan orang-orang untuk bermudik ke kampung halaman adalah dengan mengendarai sepeda motor. Kendaraan roda dua ini dinilai lebih praktis, performanya tangguh, sanggup menerobos kemacetan, dan tentu lebih murah. Idealnya, persiapan motor untuk dipakai mudik telah dilakukan sejak 1 minggu sebelum hari perjalanan dengan merawat dan melakukan perbaikan.

Berikut tips-tips supaya sepeda motor lebih tangguh untuk perjalanan mudik!
  1. Bersihkan karburator dari kerak dan kotoran yang melekat, berikut saringan udaranya. Karburator yang kotor akan memperlemah tenaga yang dihasilkan akibat sistem pembakarannya terganggu.
  2. Ganti kampas rem jika fungsinya sudah tidak optimal lagi. Ciri-ciri rem yang rusak adalah rem terasa lebih dalam saat tuas rem ditekan.
  3. Oli mesin wajib diganti secara berkala agar kemampuannya dalam melumasi mesin terjaga dengan baik. Paling maksimal, oli mesin harus diganti jika sepeda motor telah melaju sejauh 1.500-2.000 kilometer.
  4. Perhatikan juga busisepeda motor karena bagian ini berperan dalam sistem pengapian dan pembakaran. Apabila ujung busi tampak menghitam dipenuhi kerak, tandanya busi tersebut harus diganti dengan yang baru.
  5. Kalau roda motor terasa bergoyang saat dikendarai, berarti bagian laher sudah oblak dan harus segera diganti baru. Perlu diketahui, laher roda berfungsi untuk menjaga kestabilan roda ketika berputar.
  6. Untuk sepeda motor tipe matik, biasanya komponen-komponen yang rawan bermasalah seperti van belt, roller, dan oli garden. Lakukan servis secara menyeluruh terutama pada parts yang berhubungan dengan sistem penggerak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s