Langsung ke konten utama

Apa itu RPM? RPM adalah

RPM (Rotasi Per Menit) adalah ukuran yang menunjukkan banyaknya rotasi yang dilakukan setiap menit. Standarisasi ini biasanya digunakan dalam satuan ukuran performa mesin. Dengan kata lain, RPM dapat memberitahukan tingkat kecepatan kinerja suatu mesin. Alat untuk mengukur RPM disebut takometer.

Kendaraan bermotor biasanya telah dilengkapi takometer untuk mengukur tingkat RPM-nya. Seringkali kita mengandalkan feeling untuk memindahkan gigi mesin dengan memperhatikan kebisingan suaranya. Padahal kendaraan model terbaru memiliki suara mesin yang begitu halus. Nah, adanya alat ini memungkinkan pengendara dapat memindahkan gear kendaraan di waktu yang tepat.

pengertian-rpm.jpg

Pada mobil, pemindahan gigi yang dianjurkan adalah ketika takometer menunjukkan angka 3.000 rpm. Sedangkan jika ingin menerapkan eco-driving disarankan memindah gigi saat berada di sekitar 2.000-2.500 rpm. Lain lagi dengan mobil tipe matic, umumnya gigi mesin akan berpindah sendiri ketika ada di posisi 2.500-3.000 rpm.

Sementara itu untuk redline rata-rata mobil berbahan bakar bensin berada di kisarasan 7.000 rpm, sehingga jangan menginjak gas melebihi 6.500 rpm karena dapat merusak mesin. Berbeda dengan mobil berbahan bakar solar, redline-nya ada di angka 4.500 rpm. Lebih tangguh lagi mobil tipe sport yang memiliki redline hingga mencapai 11.000 rpm.

Lain halnya dengan sepeda motor yang proses perpindahan giginya bisa dilakukan lebih rendah daripada mobil karena hanya dilengkapi sebuah piston. Hal ini membuat kinerja dari mesin tersebut lebih ringan dan lebih mudah berputar. Rata-rata perpindahan gigi yang dianjurkan pada sepeda motor yaitu ketika takometer menunjukkan angka 4.000-5.000 rpm. Redline-nya sendiri kebanyakan berkisar di angka 10.000 rpm.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...