Langsung ke konten utama

Permasalahan Kampas Kopling Pada New Vixion

New Vixion tetap tampil menarik di mata para penggemarnya meski banyak sepeda motor pesaing yang diluncurkan. Kendati masih menggunakan transmisi manual, bukan berarti kendaraan ini kehilangan taji di tengah-tengah teknologi motor bertransmisi otomatis. New Vixion berhasil menunjukkan style-nya dan tampil garang di jalan raya.
Hanya saja, tidak sedikit para pemilik New Vixion yang menemukan permasalahan pada motor ini. Salah satu di antaranya yaitu kopling yang mengeras dan selip kopling. Hal ini biasanya mengakibatkan kinerja sistem transmisi kendaraan menjadi kurang optimal.

Permasalahan kopling yang selip ditandai dengan adanya jeda ketika proses pemindahan percepatan yang satu ke percepatan berikutnya. Penyebab utamanya tentu kampas kopling New Vixion tersebut sudah habis.
Beberapa kasus lain menyebutkan kalau timbulnya selip kopling pada New Vixion dapat disebabkan oleh kesalahan menyetel kopling yang terlalu jauh sehingga akan menahan sistem kopling secara terus-menerus. Bisa juga dikarenakan bagian pelat gesek sepeda motor telah menipis. Penyebab lainnya mungkin oli yang dipakai tidak sesuai spesifikasi mesin atau sudah terlalu lama tidak diganti dengan oli yang baru.
Lantas apakah dampak dari terjadinya selip kopling? Sebenarnya kasus ini tidak menimbulkan akibat yang begitu fatal. Motor New Vixion Anda tetap bisa dikemudikan dengan aman di jalan raya. Tetapi tingkat kenyamanan kendaraan yang bakal menjadi korbannya sebab tarikan motor menjadi berkurang. Gangguan ini akan sangat terasa khususnya bagi pengendara yang memang suka berlari kencang.
Anda tidak perlu khawatir kampas kopling pada New Vixion Anda mengalami selip. Perlu diketahui, merupakan hal yang wajar apabila kampas kopling pada kendaraan bertransmisi manual lebih cepat habis dibandingkan kendaraan bertransmisi otomatis. Biasanya kampas bakal aus setelah kendaraan menempuh jarak sejauh 20.000 km. Gejala awalnya yaitu akselerasi tidak sempurna seperti ada yang menyelip ketika tuas kopling dilepaskan.
Rekomendasi kami jikalau sepeda motor Anda sudah mengalami gejala seperti itu, sesegera mungkin gantilah kampas kopling tersebut. Bila Anda mengabaikannya bukan tidak mungkin komponen-komponen yang berhubungan dengan sistem transmisi pun ikut mengalami kerusakan. Akibatnya biaya perbaikan sepeda motor bakal semakin membengkak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s