Langsung ke konten utama

Pahami, Cara Betul Memasang Ring Piston/Seher

Sebagai penahan kompresi mesin dan pengatur pelumasan dinding linear mesin, peran ring piston pada sepeda motor tidak dapat dipungkiri. Oleh karena, komponen ini harus dipasang dengan hati-hati dan tidak boleh terbalik. Jika salah dalam pemasangannya, maka dijamin kinerja mesin akan menjadi tidak optimal bahkan berisiko terjadi kebakaran.

cara-memasang-ring-piston.jpg

Lantas, bagaimana sih caranya memasang ring piston yang benar? Berikut ini panduan langkah-langkahnya dari Blog Otomotif Indonesia!

  1. Pahami arti dari permukaan, kode, warna, dan sudut ring piston terlebih dahulu. Permukaan ring oli dan ring kompresi sangat berbeda, di mana ring oli tampak bergelombang dan ring kompresi terlihat datar. Ring kompresi juga ada kode N/T yang menghadap ke atas atau 1/atas. Sedangkan ring kompresi yang berwarna gelap atau kehitam-hitaman merupakan ring 2/bawah.
  2. Pastikan pemasangan ring piston dilakukan pada posisi yang benar. Walaupun sama-sama berguna untuk memampatkan kompresi di ruang pembakaran, tetapi keduanya tetap mempunyai fungsi spesifik yang berbeda. Ring kompresi 1 berfungsi untuk menekan dinding silinder sehingga kompresinya tidak bocor. Sedangkan ring kompresi 2 berguna untuk menjaga kerapatan kompresi dan membersihkan sisa lapisan minyak/oli di dinding silinder.
  3. Pada saat memasang ring kompresi, usahakan jangan meletakkan celah ring pada satu titik saja. Risikonya adalah timbulnya kebocoran pada sistem kompresi kendaraan bermotor. Hindari juga menaruh ujung ring kompresi di celah ujung cincin oli.
  4. Pemasangan ring piston yang betul harus memperhatikan celah yang terdapat pada ring tersebut. Semua ring piston memiliki bagian yang terputus atau biasa disebut celah. Dalam pemasangannya nanti, atur tata letak tersebut sedemikian rupa agar tepat terpasang pada piston sepeda motor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...