Langsung ke konten utama

Apa yang Menyebabkan Mobil Susah Hidup?

Ada banyak sekali hal-hal yang bisa menyebabkan mesin mobil susah hidup. Mulai dari performa aki yang menurun, suplai bahan bakar atau udara yang kurang, sampai dengan busi yang bermasalah. Oleh karena itu, perbaikannya pun harus dilakukan berdasarkan sumber masalah kerusakan tersebut.
Semua orang pasti merasa kesal pada saat menjumpai mobil miliknya susah sekali dihidupkan. Apalagi posisi sedang diburu-buru waktu atau di lokasi yang tidak tepat. Kemungkinan besar tentunya telah terjadi suatu kerusakan pada salah satu komponen pendukung starter.

Berikut ini penyebab-penyebab suatu mobil menjadi susah dihidupkan, di antaranya :
1. Performa Aki Sudah Menurun
Seiring dengan penggunaannya, performa aki lambat laun akan menurun. Aki yang sudah berusia lebih dari setahun biasanya tingkat kelistrikannya mulai melemah, terutama pada aki basah. Aki yang sudah loyo ini harus segera diganti dengan yang baru agar tetap bisa menyuplai listrik dengan baik. Perawatan yang tepat disinyalir mampu memperpanjang umur aki hingga mencapai dua tahun lebih.
2. Suplai Bahan Bakar dan Udara yang Kurang
Jika suplai bahan bakar dan udara kurang maksimal, akibatnya proses pembakaran pun menjadi tersendat. Kerusakan ini umumnya disebabkan oleh masalah yang terjadi di sistem injektor atau saringan udara. Periksa kondisi kedua komponen ini dan coba nyalakan mesin mobil sekali lagi.
3. Busi yang Kotor
Meskipun terdengar sepele, namun busi yang kotor juga bisa menghambat proses pengaktifan mesin mobil. Jadi solusinya lepas busi pada kendaraan bermotor Anda kemudian bersihkan sampai tuntas. Setelah itu pasang busi pada posisinya semula, lalu silahkan lakukan ujicoba.
Itulah tadi ketiga penyebab utama yang dapat mengakibatkan mesin mobil susah menyala. Bagaimanapun kualitas pemeliharaan Anda terhadap kendaraan akan mendukung tingkat keawetannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...