Langsung ke konten utama

Apa yang Menyebabkan Mobil Susah Hidup?

Ada banyak sekali hal-hal yang bisa menyebabkan mesin mobil susah hidup. Mulai dari performa aki yang menurun, suplai bahan bakar atau udara yang kurang, sampai dengan busi yang bermasalah. Oleh karena itu, perbaikannya pun harus dilakukan berdasarkan sumber masalah kerusakan tersebut.
Semua orang pasti merasa kesal pada saat menjumpai mobil miliknya susah sekali dihidupkan. Apalagi posisi sedang diburu-buru waktu atau di lokasi yang tidak tepat. Kemungkinan besar tentunya telah terjadi suatu kerusakan pada salah satu komponen pendukung starter.

Berikut ini penyebab-penyebab suatu mobil menjadi susah dihidupkan, di antaranya :
1. Performa Aki Sudah Menurun
Seiring dengan penggunaannya, performa aki lambat laun akan menurun. Aki yang sudah berusia lebih dari setahun biasanya tingkat kelistrikannya mulai melemah, terutama pada aki basah. Aki yang sudah loyo ini harus segera diganti dengan yang baru agar tetap bisa menyuplai listrik dengan baik. Perawatan yang tepat disinyalir mampu memperpanjang umur aki hingga mencapai dua tahun lebih.
2. Suplai Bahan Bakar dan Udara yang Kurang
Jika suplai bahan bakar dan udara kurang maksimal, akibatnya proses pembakaran pun menjadi tersendat. Kerusakan ini umumnya disebabkan oleh masalah yang terjadi di sistem injektor atau saringan udara. Periksa kondisi kedua komponen ini dan coba nyalakan mesin mobil sekali lagi.
3. Busi yang Kotor
Meskipun terdengar sepele, namun busi yang kotor juga bisa menghambat proses pengaktifan mesin mobil. Jadi solusinya lepas busi pada kendaraan bermotor Anda kemudian bersihkan sampai tuntas. Setelah itu pasang busi pada posisinya semula, lalu silahkan lakukan ujicoba.
Itulah tadi ketiga penyebab utama yang dapat mengakibatkan mesin mobil susah menyala. Bagaimanapun kualitas pemeliharaan Anda terhadap kendaraan akan mendukung tingkat keawetannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l