Langsung ke konten utama

5 Cara Ampuh agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas

Pada saat bekerja, mesin sepeda motor juga menghasilkan panas. Namun apa jadinya kalau panas yang dihasilkan oleh mesin tersebut terlampau berlebih? Kondisi suhu mesin yang cepat menjadi panas disebut overheat. Ciri-cirinya yaitu suhu mesin akan memanas dengan sangat cepat. Kadang-kadang juga tercium bau sangit atau gosong seperti ada sesuatu yang terbakar. Beberapa mesin yang overheat pun akan mengeluarkan asap.
Overheat tidak hanya akan membuat mesin menjadi panas dengan sangat cepat, tetapi juga menyebabkan tenaganya menjadi lemah. Mesin yang sudah panas sekali ini akan melemahkan kinerja mesin serta membuat tenaganya loyo. Kasus ini juga kerap berujung pada mesin yang mati secara mendadak sampai mogok. Biasanya overheat terjadi ketika sistem pendingin mesin tidak bekerja dengan baik, aliran oli tidak lancar, atau teknik berkendara yang salah.
mesin-motor-tidak-panas.jpg
Agar motor Anda terhindar dari risiko overheat, silakan ikuti saran-saran di bawah ini!
  1. Gantilah Oli secara Teratur
Oli mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga kondisi mesin. Oli akan memastikan komponen-komponen dalam mesin terlumasi dengan baik, tetap dingin, dan terhindar dari aus. Oleh sebab itu, Anda wajib mengganti oli mesin secara teratur. Kami sudah pernah memberikan rekomendasi tentang penggantian oli ini. Dengan rutin mengganti oli, maka kesehatan mesin dapat terjaga.
  1. Oli yang Sesuai dengan Mesin
Banyaknya produk oli yang dijual di pasaran kadang-kadang membuat kita bingung sendiri dalam memilih mana oli yang terbaik. Sebab oli yang harganya mahal tak serta merta membuat kualitasnya lebih bagus. Pilihan yang bijaksana diambil jika Anda mengukur kualitas oli berdasarkan kesesuaiannya dengan mesin. Pilihlah oli yang sesuai dengan spesifikasi sepeda motor Anda.
  1. Piston Jangan Terlalu Rapat
Seher dan piston tidak bisa bergerak leluasa apabila posisi piston yang ada di dalam silinder terlalu rapat. Hal ini akan menyebabkan terganggunya proses pelumasan pada komponen-komponen mesin. Dampaknya adalah suhu mesin cepat berubah menjadi panas. Bahkan posisi piston yang terlalu rapat juga berpotensi merusak mesin sepeda motor. Anda harus segera membetulkannya kembali.
  1. Kipas Radiator harus Bekerja
Kipas radiator berfungsi untuk mengalirkan udara melewati sirip-sirip radiator serta mendinginkan suhu air radiator (water coolant). Tanpa adanya kipas ini, maka sistem pendingin pada sepeda motor tidak dapat bekerja. Begitu pula jika kipas radiator ini rusak, kinerja sistem pendingin pun tidak optimal. Umumnya kipas radiator bekerja sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh sensor.
  1. Volume Water Coolant Stabil
Di atas kami sudah menyinggung sedikit tentang water coolant. Air radiator (water coolant) ini juga mempunyai peran penting dalam menjaga suhu mesin supaya tetap stabil. Cairan water coolant akan didistribusikan secara berkala ke radiator untuk mendinginkan mesin saat motor digunakan. Jadi kami sarankan Anda untuk terus mengecek volume water coolant, apalagi setelah melakukan perjalanan jauh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s