Langsung ke konten utama

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Injeksi Mogok

Semua orang tentu tidak menginginkan sepeda motornya mengalami mogok di tengah jalan. Sebab motor yang tiba-tiba mogok itu sangat merepotkan. Anda terpaksa harus mendorong sepeda motor tersebut menuju ke bengkel terdekat. Ya kalau jaraknya tidak terlalu jauh sih mungkin tidak terlalu masalah. Cuma kasus mogok ini sering terjadi di tempat yang jauh dari bengkel. Anda pun harus waspada terhadap semua kemungkinan buruk yang bisa terjadi.
Oleh karena itu, sebagai pemilik kendaraan bermotor, tidak ada salahnya Anda mempelajari teknik-teknik dasar dalam memperbaiki sepeda motor yang rusak. Termasuk salah satunya yaitu kasus yang terjadi pada mesin motor injeksi yang mati secara mendadak. Anda harus mau mempelajari cara mengatasinya sehingga ketika sepeda motor mengalami masalah ini, maka Anda pun dapat langsung memperbaikinya sendiri.
mengatasi-mesin-motor-mogok.jpg
Khususnya bagi Anda pengguna motor yang memakai sistem injeksi, Anda bisa memperbaiki motor tersebut jika tiba-tiba mengalami mogok dengan solusi di bawah ini.
Pastikan Kondisi Aki Baik
Apabila motor injeksi Anda mogok di tengah jalan, bagian pertama yang wajib diperiksa adalah aki. Aki berfungsi sebagai media penyimpan energi listrik. Kadang-kadang aki ini mengalami masalah sehingga sistem injeksi pada motor tidak bisa berfungsi dengan normal. Anda perlu melakukan pemeriksaan terhadap kondisi aki, terutama tegangan listriknya sudah stabil. Aki yang voltasenya sudah lemah sebaiknya di-charge ulang atau diganti baru.
Periksa Kinerja Fuel Pump
Sistem injeksi pada sepeda motor dilengkapi dengan komponen fuel pump yang bertindak sebagai pompa bensin. Jika fuel pump tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka mesin bisa tiba-tiba mati. Anda bisa memeriksa kondisi fuel pump dengan cara menyalakan mesin dan memperhatikan suara yang timbul dari bawah tangki. Jika terdengar suara lirih artinya masih bekerja. Sebaliknya bila tidak terdengar suara apa-apa, komponen pompa bensin ini mati.
Apa Filter Injektor Tersumbat?
Terdapat sebuah filter injektor yang berfungsi sebagai penyaring udara di dalam fuel injection. Komponen filter ini juga memiliki peranan penting pada sistem injeksi sepeda motor. Pastikan kondisinya tidak kotor. Sebab filter penyaring udara yang kondisinya kotor, maka bisa terjadi penyumbatan di dalamnya. Hal ini mengakibatkan jumlah udara yang masuk tidak stabil sehingga dapat menyebabkan mesin mogok. Filter yang kotor bisa dibersihkan atau diganti.
Bersihkan Selang Injektor
Kotornya filter injektor juga bisa merembet ke bagian selang injektor. Bagian selang injektor ini bisa menjadi kotor apabila komponen filternya pun kotor. Oleh karena itu, jika Anda melihat filter injektor kotor, sebaiknya Anda pun turut membersihkan bagian selangnya. Semprotkan cairan injector cleaner kemudian goyang-goyangkan untuk membersihkan bagian ini sehingga kotoran di dalamnya bisa keluar semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s