Langsung ke konten utama

6 Faktor Penyebab Mesin Motor Sulit Menyala

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan mesin motor menjadi sulit menyala. Salah satunya dikarenakan oleh perawatan yang kurang memadai. Sepeda motor yang jarang dirawat pasti lambat laun akan mengalami masalah sedikit demi sedikit. Tak terkecuali pula dengan masalah pada mesinnya yang tiba-tiba susah dinyalakan. Kalau sudah begini tentu diri Anda sendiri yang repot karena tidak bisa langsung mengendarai sepeda motor tersebut.
Penyebab utama mesin motor sulit menyala adalah tidak terbakarnya bahan bakar yang ada di dalam silinder. Kondisi ini setidaknya dipengaruhi oleh 3 faktor antara lain bahan bakar, udara, dan pengapian. Proses pembakaran akan terjadi manakala bahan bakar, udara, dan pengapian bercampur di waktu yang tepat. Namun jikalau waktu atau komposisinya tidak pas, maka akan berdampak pada campuran tersebut yang susah terbakar sehingga mesin pun sulit menyala.
penyebab-motor-sulit-hidup.jpg
Lantas, apakah yang menyebabkan timbulnya keadaan tersebut?
  1. Campuran di Karburator Terlalu Sedikit
Khususnya pada sepeda motor yang masih menggunakan karburator, kasus sulitnya mesin menyala bisa disebabkan oleh campuran antara bahan bakar dan udara di dalam karburator yang terlalu sedikit atau tidak ada. Campuran tersebut sedikit demi sedikit keluar melalui celah di karburator, saringan udara, atau knalpot. Hal ini bisa terjadi lantaran motor tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.
  1. Campuran Bahan Bakar Tidak Tepat
Kadang-kadang kita menginginkan laju sepeda motor semakin cepat atau suara pada knalpot terdengar halus sehingga memodifikasi setelan pada karburator. Namun jika pengaturan antara jumlah bahan bakar dengan udara tidak pas, salah satu dampaknya bisa mengakibatkan mesin sulit dinyalakan. Bila kasus ini menimpa kendaraan Anda, tidak ada cara lain selain melakukan penyetelan ulang.
  1. Api Pengapian yang Terlalu Kecil
Faktor lain yang dapat menyebabkan mesin motor menjadi susah dinyalakan adalah nyala api dari sistem pengapian yang terlalu kecil. Masalah ini timbul apabila kondisi busi sudah tidak layak pakai, kotor, atau rusak. Selain itu, bisa pula disebabkan oleh komponen pengapian lain seperti CDI atau koil yang memang sudah harus diganti. Akibatnya api menyala terlalu kecil dan tidak mampu menghidupkan mesin.
  1. Bahan Bakar Tercampur dengan Air
Untuk mendapatkan hasil pembakaran yang sempurna, bahan bakar harus bersifat murni. Tidak ada kotoran yang mencemari bahan bakar tersebut. Begitu pula tidak ada air yang bercampur dengan bahan bakar. Jika bahan bakar tercampur air, maka mesin motor pun menjadi susah hidup. Salah satu penyebabnya ialah modifikasi sepeda motor dengan melepaskan filter udara untuk mempercepat laju kendaraan.
  1. Kondisi Vakum Bensin yang Rusak
Terdapat beberapa sepeda motor yang telah dilengkapi dengan komponen tambahan berupa vakum bensin. Fungsinya adalah mendukung aliran bahan bakar dari tangki menuju ke karburator. Seiring dengan berjalannya waktu, vakum ini bisa mengalami kerusakan. Apabila kasus ini terjadi, akibatnya aliran bahan bakar pada motor tersebut menjadi tersendat. Mesin pun susah dinyalakan.
  1. Posisi Celah Katup Tidak Pas
Posisi pemasangan celah katup yang tidak pas juga dapat mengakibatkan mesin motor Anda menjadi susah dihidupkan. Kendala ini memang termasuk jarang sekali terjadi. Namun tidak menutup kemungkinan justru faktor inilah yang menjadi biang kerok masalah pada kendaraan Anda. Setelan katup yang tidak pas mengakibatkan proses pemasukan bahan bakar menjadi tidak tepat sehingga mesin susah/tidak bisa menyala.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l