Langsung ke konten utama

3 Penyebab Lampu Depan Motor Redup saat Digas

Sepeda motor dilengkapi dengan lampu di bagian depannya. Fungsi lampu ini adalah sebagai alat penerangan utama bagi pengendara motor. Anda dapat melihat kondisi jalan yang ada di depan secara jelas berkat adanya lampu depan tersebut. Begitu pula pada saat malam hari, Anda bisa lebih leluasa mengendarai sepeda motor. Lampu depan benar-benar mempunyai peranan yang sangat penting bagi kendaraan.
Setelah digunakan beberapa waktu, lampu depan(headlamp) bisa mengalami kerusakan. Ada beberapa bentuk kerusakan yang dapat menimpa lampu ini. Misalnya yaitu nyala lampu ini yang menjadi redup pada saat Anda memasukkan gas. Ini tentu merupakan suatu keanehan. Seharusnya lampu depan menyala lebih terang ketika digas. Tetapi jika lampu tersebut malah menyala redup saat digas berarti ada kerusakan yang terjadi.
lampu-redup-saat-digas.jpg
Berikut ini kerusakan-kerusakan yang mungkin dialami oleh sepeda motor sehingga memicu timbulnya masalah pada lampu depan tersebut!
Penyebab 1. Kondisi Aki sudah Menurun
Ini dia yang menjadi biang kerok penyebab redupnya lampu utama pada saat digas. Mungkin saja kondisi aki pada motor Anda sudah tidak terlalu baik sehingga suplai aliran listriknya pun tidak maksimal. Ketika digas, daya listrik pada aki tersebut melemah. Akibatnya listrik yang didapatkan oleh lampu depan pun berkurang. Inilah alasannya mengapa nyala lampu tersebut justru menjadi redup saat digas.
Penyebab 2. Ada Kabel yang Korsleting
Seharusnya cahaya yang dihasilkan oleh lampu depan akan semakin terang manakala Anda memutar tuas gas. Ini merupakan aturan standar yang selalu diterapkan pada sepeda motor dengan merek apapun. Jika nyala lampu yang terjadi justru sebaliknya, kemungkinan besar motor tersebut mengalami masalah. Ada dugaan kalau terdapat kabel yang mengalami korsleting. Anda bisa mengecek secara keseluruhan.
Penyebab 3. Kiprok atau Spul Bermasalah
Kerusakan pada lampu depan juga bisa disebabkan oleh kiprok atau spul yang bermasalah. Anda bisa mencoba memeriksa kondisi kedua komponen ini. Pastikan kiprok/spul tersebut dalam keadaan yang baik dan masih layak pakai. Anda juga sebaiknya memeriksa kondisi soket kiprok tersebut. Sebab ada kemungkinan soket ini bisa meleleh. Segera lakukan perbaikan terhadap komponen yang mengalami masalah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s