Langsung ke konten utama

Kiat-kiat agar Lampu LED Motor Lebih Awet

Kita membutuhkan sepeda motor yang dilengkapi dengan lampu utama sebagai penerangnya. Berkat lampu tersebut, kita bisa tetap berkendara dengan aman dan nyaman pada saat kondisi lingkungan cukup gelap. Bahkan ketika kondisi terang pun, lampu ini tetap diperlukan sebagai salah satu sarana komunikasi dengan pengendara lainnya. Khususnya lampu utama yang bisa membuat pengendara lain lebih awas terhadap keberadaan kita.
Kini sudah hadir produk lampu LED khusus untuk sepeda motor. Demi alasan keamanan dan estetika, Anda bisa mengganti lampu utama bawaan pabrik dengan lampu LED ini. Lampu LED menawarkan performa yang lebih baik daripada lampu standar serta kebutuhan listriknya pun lebih hemat. Lampu ini dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang tanpa menyilaukan mata. Anda bisa memasang lampu ini untuk menghadirkan kesan yang modern.
lampu-led-motor-awet.jpg
Biar lampu LED bisa menyala lebih lama dan awet, silakan ikuti kiat-kiat di bawah ini!
Kiat 1. Pilih Lampu LED yang Berkualitas
Ada berbagai merek lampu LED yang membanjiri pasaran. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Harganya pun beraneka ragam. Mulai dari lima ribuan sampai ratusan ribu rupiah. Sebisa mungkin hindari lampu LED yang murahan. Membeli lampu LED yang harganya terlalu mahal pun kurang bijaksana. Ada baiknya Anda memilih lampu LED yang original atau produk yang sudah mempunyai reputasi bagus. Silakan Anda bisa bertanya ke kerabat atau teman terdekat.
Kiat 2. Ubah Model Kelistrikan Motor
Sebagian besar sistem kelistrikan di dalam sepeda motor mengusung model listrik bolak-balik (AC). Tapi sayangnya listrik model AC ini tidak cocok untuk dipasangi lampu LED. Lampu LED sebagus apapun akan cepat rusak apabila dipaksa dipasang di sistem kelistrikan model AC. Anda harus melakukan sedikit modifikasi untuk mengubah model listrik tersebut menjadi listrik searah (DC). Kami akan memberitahukan caranya di artikel selanjutnya. Jika Anda kurang percaya diri, silakan bisa meminta bantuan ke bengkel.
Kiat 3. Biarkan Tetap Menyala Terus
Khususnya untuk sepeda motor lawas yang masih memiliki sakelar on/off untuk menyalakan dan memadamkan lampu utama, Anda sebaiknya jangan sering mengubah-ubah posisi sakelar tersebut. Biarkan saja sakelar tetap berada dalam posisi on yang artinya lampu utama akan selalu menyala ketika mesin dihidupkan. Percaya atau tidak, hal ini akan mempengaruhi masa pemakaian lampu tersebut. Biasanya usia pakai lampu utama justru akan semakin lama jikalau tidak diubah-ubah sakelarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s