Langsung ke konten utama

Mengenal Sistem Kelistrikan pada Sepeda Motor

Sepeda motor adalah kendaraan bermotor yang mempunyai dua roda. Ini merupakan salah satu alat transportasi yang sangat disukai oleh masyarakat. Terutama karena fleksibilitas dan kemampuan yang dimilikinya begitu tangguh. Sepeda motor memiliki performa yang sangat baik untuk melintasi jalan dengan kondisi yang beraneka ragam, Bahkan jalan yang tidak dapat dilewati menggunakan mobil pun bisa ditaklukkan dengan mudah memakai sepeda motor.
Sepeda motor menggunakan bahan bakar berupa bensin. Bensin ini akan diolah sedemikian rupa oleh komponen-komponen penyusun sepeda motor sehingga mengalami perubahan wujud dari energi kimia menjadi energi listrik. Energi listrik yang sudah berhasil dimunculkan lantas dikelola oleh sistem kelistrikan untuk didistribusikan ke komponen yang membutuhkan. Beginilah seterusnya proses penyaluran listrik pada sepeda motor berlangsung.
sistem-kelistrikan-sepeda-motor.jpg
Tahukah Anda, terdapat 3 bagian yang menyusun sistem kelistrikan sepeda motor, yaitu :
  1. Spul dan Koil
Sistem kelistrikan sepeda motor secara umum terdiri dari spul dan koil serta kumparan magnetic. Letak spul dan koil ini biasanya berada di sisi kiri mesin. Fungsinya sebagai pembangkit tenaga listrik. Kinerja spul dan koil juga dibantu oleh regulator yang mengatur dan mengubah tegangan listrik menjadi 12V DC. Kemudian tegangan ini digunakan untuk menyalakan lampu penerangan, klakson, CDI, flasher, dan pengisian aki sebagai buffer sumber listrik motor tersebut.
  1. Accu
Accu atau aki merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik. Ada 2 jenis tipe aki yang sering digunakan pada sepeda motor yaitu aki kering dan aki basah. Aki basah biasanya dipakai oleh sepeda motor generasi awal. Aki ini memakai elektrolit yang berwujud cairan. Berbeda dengan aki kering yang menggunakan bahan elektrolit berbentuk padat sehingga tidak perlu mendapatkan perawatan. Ada sekering yang mendukung performa dari aki. Fungsinya untuk membatasi daya listrik yang masuk ke dalam aki untuk mencegah terjadinya konsleting.
  1. Kabel
Kabel juga termasuk dalam sistem kelistrikan sepeda motor. Gunanya menghubungkan listrik dari komponen yang satu ke komponen kelistrikan lainnya. Sepeda motor selalu dilengkapi dengan kabel yang sangat kompleks. Sudah ada ciri-ciri tersendiri untuk membedakan antara muatan positif dan muatan negatif. Perbedaan muatan ini sangat penting untuk diperhatikan. Sebab jika sampai salah pasang maka dapat menyebabkan kebakaran di dalam kelistrikan sepeda motor tersebut akibat konsleting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s