Langsung ke konten utama

Tips Merawat Lampu Sepeda Motor agar Awet

Sepeda motor tidak bisa tidak menggunakan lampu. Lampu adalah salah satu aksesori yang sangat penting bagi kendaraan beroda dua ini. Adanya lampu memungkinkan Anda tetap bisa mengendarai sepeda motor pada malam hari. Anda tidak perlu takut berkendara pada saat kondisi sedang gelap gulita. Lampu-lampu yang terpasang pada motor akan menerangi kondisi jalan di depan sehingga Anda tetap dapat berkendara dengan aman dan nyaman.
Untungnya produk lampu untuk sepeda motor sudah dirancang secara khusus. Lampu tersebut telah dirancang sedemikian rupa agar mempunyai daya tahan yang tinggi serta tidak gampang rusak ketika digunakan dalam kondisi cuaca yang buruk. Meskipun demikian, Anda tetap harus melakukan perawatan terhadap lampu tadi. Bagaimana pun lampu yang dirawat dengan baik pasti akan terjaga performanya serta mempunyai usia pakai yang lebih lama.
tips-merawat-lampu-motor.jpg
Untuk merawat lampu sepeda motor, berikut ini caranya!
Tips 1. Tidak Boleh Kemasukan Air
Seperti kita ketahui, semua perangkat listrik sama sekali tidak boleh terkena air. Hal tersebut dikarenakan air dapat menyebabkan terjadinya korsleting. Begitu pula dengan lampu pada sepeda motor. Lampu ini pun benar-benar tidak boleh terkena air. Anda harus memastikannya bebas dari air. Caranya dengan rutin mengecek kondisi batok penutup lampu sudah terpasang dengan baik. Pastikan pula tidak ada celah-celah yang berukuran cukup lebar di sela-selanya.
Tips 2. Jaga Kondisi Pelindungnya
Kunci utama dalam merawat lampu motor yaitu Anda harus merawat bagian pelindungnya sebaik mungkin. Beruntung sekali karena pihak pabrikan sepeda motor sudah memikirkan hal ini dengan matang. Tinggal kita saja sebagai pengguna yang kemudian merawat pelindung tersebut. Anda bisa memulainya dengan rutin membersihkan permukaan pelindung. Apabila ada bagian yang rusak, segera perbaiki atau ganti dengan pelindung baru.
Tips 3. Modifikasi dengan Matang
Tidak masalah jika Anda ingin memodifikasi sepeda motor, termasuk pada bagian lampunya. Mungkin Anda ingin membuat lampu tersebut menyala kedip-kedip atau menampilkan efek tertentu? Hal ini bebas Anda lakukan selama tidak mengganggu pengendara yang lain. Namun dalam melakukan modifikasi ini, Anda harus tetap memperhatikan ilmu kelistrikan. Jangan sampai modifikasi yang Anda buat justru mengakibatkan lampu motor cepat mati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...