Langsung ke konten utama

Penyebab Lampu Utama Motor Mati dan Solusinya

Setiap sepeda motor wajib dilengkapi dengan lampu utama. Lampu ini tidak hanya berfungsi sebagai alat penerangan, tapi juga pemberi tanda kepada pengendara lain tentang keberadaan kita. Oleh karena itu, peraturan lalu lintas di Indonesia mengharuskan lampu utama ini tetap menyala di siang hari. Berkat menyalanya lampu utama, pengendara lain akan menyadari kita, memberikan respons, dan cepat mengetahui bahwa motor kita sedang bergerak.
Sebagai pengguna sepeda motor, Anda harus memahami manfaat dari peraturan ini. Caranya dengan tetap menyalakan lampu utama walaupun Anda berkendara di siang hari yang terang benderang. Namun apa jadinya bila lampu utama motor Anda tiba-tiba mati total? Anda sama sekali tidak bisa menghidupkan lampu utama tersebut meskipun sudah berusaha menggeser sakelarnya berkali-kali. Apa sih penyebab sebenarnya dari masalah ini?
penyebab-lampu-utama-mati.jpg
Paling tidak ada 3 penyebab matinya lampu utama sepeda motor, yaitu :
  1. Bohlam Sudah Padam
Semua komponen penyusun sepeda motor memiliki usia pakai. Begitu pula dengan bohlam. Biasanya usia pakai bohlam ini mencapai 6 bulan jika motor digunakan setiap hari untuk perjalanan jauh. Namun kadang-kadang ada pula bohlam yang baru dipakai selama 1 bulan sudah padam. Anda perlu mengeluarkan bohlam ini dari tempatnya, kemudian lakukan pengecekan memakai baterai atau senter. Jika bohlam sudah mati alias padam, Anda harus menggantinya dengan bohlam baru.
  1. Kabel yang Terputus
Lampu utama selalu dilengkapi dengan rangkaian elektronik yang mendukung kinerja dari lampu ini. Di dalam rangkaian ini juga terdapat kabel yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik. Jikalau ada kabel yang terputus, maka aliran listrik tidak bisa sampai ke bohlam. Bohlam tentu tidak akan bisa menyala tanpa listrik yang diterima. Anda bisa mengecek kondisi bohlam terlebih dahulu. Apabila bohlam masih menyala, lakukan pemeriksaan terhadap kabel-kabel penghubungnya. Segera perbaiki kabel yang telah terputus.
  1. Sakelar Telah Rusak
Ada dua buah sakelar yang mendukung kinerja lampu utama pada sepeda motor. Sakelar yang pertama berfungsi untuk menyalakan dan memadamkan lampu utama, di mana sepeda motor keluaran terbaru biasanya sudah tidak menggunakan sakelar ini. Kemudian sakelar yang kedua berfungsi untuk mengatur nyala lampu ke titik yang dekat atau jauh. Jika lampu utama motor tiba-tiba mati, Anda juga wajib memeriksa kondisi sakelar ini. Sakelar yang rusak masih bisa dicoba untuk diperbaiki. Namun jika tetap tidak bisa, Anda terpaksa harus menggantinya dengan sakelar baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s