Langsung ke konten utama

Mengapa Starter Elektrik Kadang Hidup Kadang Tidak?

Starter elektrik mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendukung kenyamanan berkendara menggunakan sepeda motor. Berkat adanya komponen ini, kita cukup menekan satu tombol saja untuk menyalakan mesin kendaraan. Mulailah dengan memasukkan kunci ke lubang kontak, lalu memutarnya ke arah kanan. Selanjutnya tekan tombol starter elektrik, maka mesin pun akan menyala secara otomatis dan siap untuk dikendarai.
Tapi kadang-kadang starter elektrik ini mengalami masalah. Contohnya yaitu sistem starter yang tidak bekerja padahal Anda sudah menekan tombolnya berulang-ulang kali. Anda pun terpaksa harus menggunakan starter manual atau engkol untuk menyalakan mesin. Beberapa hari kemudian Anda mencoba menekan tombol starter elektrik dan mesin berhasil menyala. Tapi tak lama setelah itu tombol starter ini kembali tidak hidup lagi. Apa sih penyebabnya?
starter-elektrik-sepeda-motor.jpg
Masalah mati hidupnya starter elektrik bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, antara lain :
  1. Aki yang Berkarat
Pada sepeda motor, komponen kelistrikan yang paling sering menimbulkan masalah adalah aki. Kalau sudah lama dipakai sekitar 2-3 tahun, aki harus diganti baru. Tetapi jika aki baru diganti namun sudah bermasalah, kemungkinan besarnya ada bagian yang berkarat. Kasus korosi pada aki basah sering terjadi pada kedua terminal. Sedangkan pada aki kering, terminal negatifnya yang sering mengalami korosi. Hal ini membuat arus listrik yang sampai ke motor starter pun berkurang.
  1. Tombol Starter Rusak
Seiring dengan berjalannya waktu tombol starter pun bisa mengalami kerusakan. Tombol yang terletak di setang motor sebelah kanan ini juga dapat menimbulkan masalah. Bagian kontaknya yang terbuat dari tembaga bisa menjadi oblak akibat terus mendapatkan tekanan yang cukup kuat. Masalah lainnya bisa pula ditimbulkan oleh per pembalik yang sudah lemah sehingga tidak dapat bekerja normal lagi. Solusinya Anda harus mengganti unit switch assy handle-nya.
  1. Motor Starter Bermasalah
Masalah pada motor starter biasanya disebabkan oleh daya jepit klip pada terminal sudah lemah. Hal ini membuat arus listrik yang tiba ke motor terlalu lemah sehingga tidak kuat memutar mesin. Kerusakan lain misalnya komponen yang sudah aus dan tak bisa membuat hubungan tipis dengan startor lagi. Penyebab lain motor starter rusak yaitu adanya kotoran di komutator. Kotoran tersebut berasal dari uap oli yang rembes melalui celah bearing sehingga mengganggu kinerjanya.
  1. Relay yang Terganggu
Walaupun jarang sekali mengalami kerusakan, tetapi tidak ada salahnya Anda juga mengecek kondisi relay. Sebab relay yang rusak juga dapat menyebabkan sistem starter elektrik sepeda motor menjadi terganggu. Adapun ciri-ciri relay yang bermasalah yaitu munculnya suara tek tek yang cukup keras saat Anda menekan tombol starter. Relay yang sudah rusak tidak dapat diperbaiki sehingga Anda pun terpaksa harus menggantinya dengan relay baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...